in

Jenis Sandal yang Bisa Dipakai Pria, Kamu Nyaman Pakai yang Mana?

jenis sandal
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sandal merupakan alas kaki yang ternyata memiliki banyak jenis atau tipe sesuai dengan aktivitas. Nah, untuk pria, pasti punya selera tersendiri dalam hal menggunakan jenis sandal tertentu. Berikut ini beberapa jenis sandal yang dapat dipakai oleh pria.

jenis sandal
Foto: Pixabay

1. Sandal jepit

Jenis sandal yang satu ini merupakan alas kaki yang paling umum dan paling banyak dipakai di dunia. Di Indonesia sendiri, sandal jenis ini biasa dipakai oleh semua kalangan, mulai dari pemulung hingga jutawan karena sifatnya yang santai. Sandal jepit modern menjadi populer ketika pasukan Amerika Serikat pulang dari Perang Dunia II membawa sandal jepit Jepang, “zori.”

2. Sandal gunung

Sandal ini sebenarnya adalah hiking atau trekking sandal, karena sebenarnya naik gunung seharusnya menggunakan sepatu khusus bukan sandal biasa. Alas kaki ini didesain untuk iklim panas dan tropis, biasanya memakai sol luar karet yang kuat dan cocok untuk segala medan. Tali pengikatnya biasanya terbuat dari poliester atau anyaman nilon agar cepat kering atau meminimalisasi penguapan.

Sandal ini cocok untuk banyak kegiatan dan olahraga petualangan di mana pengeringan yang cepat dan penguapan sesedikit mungkin dibutuhkan, termasuk rafting, traveling, paragliding, dan skydiving.

3. Sandal sepatu

Sebenarnya, penyebutan sandal sepatu di Indonesia itu bertujuan membedakan sandal yang terbuat dari kulit, memiliki tali pengaman, dan menutupi sebagian besar permukaan kaki. Sandal ini cocok untuk dipakai dalam kesempatan jalan-jalan santai namun ingin terlihat rapi.

4. Sandal clog

Sandal clog merupakan alas kaki yang terbuat dari kayu, baik itu sebagian maupun keseluruhan. Di Indonesia disebut juga sebagai bakiak atau kelom apabila di daerah Sunda. Clog tradisional biasanya dipakai oleh petani ketika sedang bercocok tanam, dan oleh pekerja di pabrik atau pertambangan.

5. Sandal teva

Teva merupakan sebuah merek alas kaki dan aksesoris yang berasal dari Amerika Serikat. Mark Thatcher adalah pencipta merk ini. Pada 1982, ketika ia bekerja sebagai pemandu rafting, ia menyadari bahwa kegiatan di sungai memerlukan sepatu khusus. Apabila dipakai di sungai, sneaker akan basah dan berat, sedangkan sandal jepit akan mudah lepas dan hanyut. Maka, ia pun menciptakan sebuah sandal olahraga pertama di dunia, seperti sandal jepit namun memiliki tali pengikat di pergelangan kaki.

6. Sandal birkenstock

Birkenstock sebenarnya merupakan nama sebuah merek sepatu asal Jerman yang didirikan pada 1774. Sementara, sandalnya diciptakan oleh Karl Birkenstock pada 1964. Pada 1967, sandal ini mulai diperjualbelikan di Amerika Serikat dan populer di kalangan pria muda dan anak-anak kecil. Namun demikian, sejak 1990, pemakai sandal ini menjadi bertambah dari berbagai kalangan usia.

7. Shower slipper

Sandal jenis ini merupakan sandal untuk berjalan dari kamar tidur menuju dan dari kamar mandi di asrama. Namun, kini, seringkali sandal ini digunakan untuk berjalan-jalan di luar ruangan bahkan pergi ke mal. Hal ini disebabkan oleh beberapa merek pakaian olahraga terkenal yang mengeluarkan sandal jenis ini.

8. Sandal yoga

Selain pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, ternyata sandal yoga pun kini sudah tersedia di pasaran. Sandal ini sekilas mirip dengan sandal jepit namun memiliki beberapa perbedaan, yaitu tali pemisah jarinya berjumlah empat bukan satu. Selain itu, sandal ini lebih elastis dibanding sandal pada umumnya.

9. Sandal yukon crocs

Belum ada sumber pasti mengapa sandal ini bernama yukon. Namun, dari hasil penelusuran, bisa disimpulkan bahwa sandal ini kemungkinan besar terinspirasi dari alas kaki yang digunakan oleh orang Indian di Amerika Utara, tepatnya di daerah Yukon, Kanada.

berendam dan minum air hangat

Manfaat Sehat Berendam dan Minum Air Hangat

Jamur di Rumah

5 Tips Ampuh Basmi Jamur di Rumah Pakai Minyak Cengkih