in ,

‘Julid’ hingga ‘Ambyar’ Masuk KBBI!

Sederet kata-kata gaul yang masuk ke dalam KBBI

ambyar
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu sobat ambyar? Tahukah kamu bahwa kosa kata ambyar sudah masuk KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) selalu melakukan pembaharuan kosa kata dan memasukkannya ke daftar kata baru. Ada lima syarat yang dapat membuat sebuah kata masuk KBBI. Syarat tersebut adalah unik, eufonik, seturut dengan kaidah bahasa Indonesia, kerap dipakai, dan tidak berkonotasi negatif.

Unik memiliki pengertian sebuah kata yang diusulkan memiliki makna yang belum ada di dalam KBBI. Kata tersebut bisa berasal dari bahasa daerah ataupun bahasa asing. Sementara, eufonik atau sedap didengar berarti kata yang diusulkan memiliki bunyi yang lazim dalam bahasa Indonesia sehingga sesuai dengan kaidah fonologi bahasa Indonesia. Fungsi dari eufonik sendiri adalah memudahkan masyarakat melafalkan kosa kata tersebut.

Seturut dengan kaidah bahasa Indonesia merupakan syarat sebuah kata diusulkan dapat dibentuk dan membentuk kata lain dengan kata lain yang sesuai dengan kaidah pembentukan kata bahasa Indonesia, seperti imbuhan dan majemuk.

Syarat selanjutnya adalah kerap dipakai. Kata yang diusulkan merupakan kosa kata yang sering dipakai dan digunakan oleh masyarakat. Kekerapan pemakaian kata diukur dengan frekuensi dan julat (range). Sebuah kata dapat dikatakan kerap dipakai jika frekuensi kemunculannya tinggi dan wilayah kemunculan frekuensi kata tersebut tersebar secara luas, bukan hanya di satu daerah.

Tidak berkonotasi negatif merupakan syarat untuk kata yang akan diusulkan sebaiknya memiliki konotasi yang lebih positif. Seluruh syarat tersebut tampaknya sudah dimiliki oleh beberapa kata yang sering kamu dengar dari warganet.

Kata-kata gaul yang baru saja diumumkan masuk KBBI adalah ambyar, pansos, cie, julid, mager, dan maksi.

Kata ambyar merupakan kata yang sering diucapkan Didi Kempot dan menjadi kata yang kerap digaungkan oleh warganet sehingga menjadi trending topic. Ambyar memiliki arti bercerai-cerai, berpisah-pisah, dan tidak terkonsentrasi lagi.

Sementara, pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Cie memiliki arti sebagai kata seru yang digunakan untuk menggoda seseorang hingga tersipu. Kata julid berarti iri dan dengki atas keberhasilan orang lain dengan cara menulis komentar, status, dan pendapat di media sosial.

Mager merupakan kependekan dari malas bergerak. Kata mager diartikan dengan enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas. Adapun kata maksi merupakan singkatan dari makan siang bareng teman.

Ayo, sobat ambyar nanti maksi bareng siapa? Cie sama doi, ya? Habis maksi, jangan mager buat kerja, ya! Jangan julid sama pansos mulu, ya!

Drama Korea “Tunnel” Versi Indonesia Segera Tayang

vegetarian dan vegan

Apa Sih Perbedaan Vegetarian dan Vegan