in ,

Jurus Jitu Melawan Hasrat Ingin Menunda Pekerjaan

Kebiasaan kurang baik yang harus kamu hilangkan

menunda pekerjaan
foto: Unsplash

Ngobrolin.id Menunda pekerjaan merupakan bagian yang terasa menyenangkan pada awalnya, kemudian terasa menyebalkan di akhir karena kamu harus mengerjakannya sambil dikejar-kejar waktu. Memang, kebiasaan ini susah sekali untuk dihilangkan jika kamu sudah sering melakukannya, tetapi susah bukan berarti tidak bisa bukan?! Nah, biar kamu gak selalu jadi deadliners, coba deh beberapa jurus di bawah ini untuk melawan rasa ingin menunda pekerjaan.

Evaluasi diri dulu

Kamu harus menyadari ada banyak hal negatif dari kebiasaan menunda pekerjaan biar kamu yakin untuk meninggalkannya. Coba ingat-ingat, ada berapa banyak dampak buruk saat kamu mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru karena waktunya sudah mepet? Misalnya stres, khawatir, harus begadang, badan sakit, bahkan diomelin orang karena kerjaan kamu tidak maksimal.

Yakin mau terus gitu-gitu saja? Padahal, kalau kamu mengerjakan tugas tanpa menunda-nunda, kamu bisa meminimalisir risiko tadi, lho!

Membuat catatan kegiatan yang akan dilakukan

Terkadang, kebiasaan menunda muncul ketika terlalu banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan dan mulai bingung untuk memulainya dari mana. Akhirnya, semua pekerjaan tersebut hanya dipikirkan tanpa dikerjakan.

Nah, mulai dari sekarang stop memikirkannya dan mulai mencatat seluruh pekerjaan yang harus dilakukan. Setelah itu, buat skala prioritas, mana pekerjaan yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Kemudian setelah selesai mengerjakan salah satu poin, centang poin tersebut agar kamu semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Bangun mood

Mengerjakan sesuatu emang lebih enak ketika mood datang. Tapi, kalau nunggu mood, kamu akan berpotensi melakukan penundaan. Nah, daripada sibuk menunggu mood, kenapa gak coba untuk bangun mood saja? Misalnya dengan menyiapkan tempat yang nyaman, camilan yang lezat, menyetel musik, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa mulai kerja dengan perasaan yang lebih nyaman.

Segera lakukan

Salah satu jurus mencegah rasa ingin menunda pekerjaan adalah segera melakukannya. Jangan kelamaan untuk mempersiapkan jurus-jurus lain yang akhirnya akan membuat kamu jadi lupa untuk segera melakukan pekerjaan tersebut. Ingat, rasa tenang setelah pekerjaan selesai itu lebih nikmat daripada rasa cemas karena harus kejar-kejaran dengan waktu.

 

streaming film

Layanan Streaming Film yang Memiliki Keuntungan Besar

Ali & Ratu-Ratu Queens

Review Ali & Ratu-Ratu Queens, Mencari Ibu Bertemu Banyak Hal