in ,

Jurus Jitu Sukses Jualan Online untuk Pemula

ternyata jualan online itu gak sulit!

jualan online
foto: pexels

Ngoborlin.id — Di zaman yang sudah serba digital kamu harus bisa melakukan jualan online untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu miliki. Sebenarnya, dengan masifnya penggunaan media sosial, kegiatan pemasaran akan jauh lebih mudah dilakukan. Saat ini hampir semua orang mengenal media sosial, dari yang muda hingga tua.

Namun, tetap saja permasalahan untuk jualan online masih ada, apalagi untuk pemula yang baru saja memulai usaha. Melakukan pemasaran seolah-olah menjadi rintangan sulit yang harus dilakoni.

Nah, bagi kamu yang baru saja memulai usaha, coba deh beberapa jurus di bawah ini untuk melakukan penjualan online.

Kuatkan mental dan mindset

Salah satu modal yang harus dimiliki oleh pengusaha adalah mental yang kuat dengan mindset bisnis yang benar. Dengan mental yang kuat, kamu akan siap menghadapi berbagai macam halangan yang ditemukan. Sementara, mindset bisnis diperlukan selama berbisnis agar bisa terus berkembang serta tidak patah semangat untuk terus mencoba dan belajar.

Riset tentang produk yang akan dijual

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah riset tentang produk kamu. Riset tentang bagaimana permintaannya di pasaran, harga pasarannya, perilaku konsumen, serta cara marketing dari kompetitor kamu. Dengan riset, kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan produk yang akan dijual, cara pemasaran yang tepat untuk produk kamu, dan harga pasaran yang bisa digunakan.

Gunakan content marketing

Content marketing sangat berguna untuk membangun usaha kamu. Sudah banyak online shop yang menggunakan konsep content marketing untuk menarik loyalitas pembeli. Melalui konten, para pembeli akan betah berteman dengan akun media sosial usaha kamu. Konten yang bisa dikembangkan dalam akun online shop kamu bisa seputar tentang produk yang kamu jual.

Word of mouth

Strategi pemasaran ini sudah berlangsung sejak era digital belum berkembang dan hingga saat ini, strategi word of mouth masih sangat berguna. Agar kamu bisa menggunakan strategi ini, pastikan pelanggan puas dengan produk atau layanan jasa yang kamu miliki. Strategi ini sangat penting bagi penjual yang bermodal minim.

Mencoba pasang iklan di media sosial

Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran yang bisa dilakukan dalam media sosial, kamu bisa membayar jasa influencer untuk mempromosikan produk atau menggunakan iklan di media sosial. Kamu harus memilih cara pemasangan iklan yang tepat.

Kadang, melakukan endorse pada influencer bisa memberikan dampak secara langsung yang sangat drastis. Namun, kamu harus memerhatikan benar-benar seperti apa influencer yang akan dipilih. Jangan hanya sebatas memiliki followers banyak, tetapi tidak memerhatikan insight.

Buka toko di e-commerce

Terkadang, banyak pembeli yang ingin membeli melalui e-commerce karena dinilai lebih praktis melakukan transaksi serta mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk, aman, dan terkadang suka mendapatkan promo gratis ongkos kirim.

album moonchild

Album Moonchild Niki Zefanya Rilis, Berisi Balada Dalam Mencari Jati Diri

teman tapi menikah

Soundtrack Film Teman Tapi Menikah yang Romantis Banget