in ,

Kabar Baik untuk Pesepeda, Jalur Sepeda di Sudirman Sudah Dipermanenkan

jalur sepeda
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Sejak Rabu (24/02), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai membuat jalur khusus sepeda di Sudirman hingga Thamrin dengan jalur permanen. Saat ini pembatas jalur sepeda sudah dipasang di ruas jalan Sudirman.

Sebelumnya, jalur khusus untuk pesepeda sudah sempat dibuat oleh Pemprov, hanya saja jalur tersebut tidak menggunakan pembatas seperti saat ini. Pembatas jalur tersebut terbuat dari beton berwarna putih bercorak garis hitam dan kuning. Pembatas tersebut telah terpasang di depan jembatan penyeberangan orang (JPO) Gelora Bung Karno dan mengarah ke Semanggi.

Pembatas jalur sepeda tidak dipasang seluruhnya, disediakan beberapa celah untuk sepeda keluar-masuk jalur sepeda. Dilansir dari news.detik.com, sudah ada beberapa pesepeda yang mulai menggunakan jalur tersebut, tetapi masih ada juga pesepeda yang melintas di trotoar yang berada di sekitar GBK. Namun, sayangnya, ada juga beberapa motor yang terpantau melintas di jalur sepeda karena tidak ada petugas yang menertibkan.

Pembuatan jalur khusus untuk pesepeda bertujuan meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengguna sepeda. Pasalnya, saat ini sudah mulai banyak orang yang lebih nyaman untuk bersepeda, baik untuk sekadar berolahraga, jalan-jalan, maupun menuju ke kantor.

Dilansir dari metro.tempo.co, berdasarkan hasil riset pada Juni hingga Januari 2021, jumlah pesepeda pada hari biasa atau weekdays dapat mencapai 3.121 pesepeda, sedangkan pada akhir pekan jumlah pesepeda melonjak tinggi hingga 23.464 pesepeda. Dengan adanya jalur tersebut, pesepeda tidak perlu berada di trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki atau di jalan raya bersamaan dengan kendaraan bermotor.

Nanti setelah seluruh jalur khusus untuk pesepeda tersedia, para pesepeda tidak boleh masuk ke jalur khusus motor dan akan dikenai denda. Denda tersebut tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pesepeda dapat dikenai denda pidana sekitar 15 hari atau denda Rp100 ribu. Jadi, setelah seluruh jalur sepeda permanen usai dibuat, para pesepeda akan diarahkan masuk ke jalur tersebut.

 

 

memutihkan ketiak

Ini Dia Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

paman boboho

Paman Boboho, Ng Man Tat Dikabarkan Tutup Usia