in

Kabar Merger Indosat dan Tri, Bener Gak Ya?

indosat dan tri
foto: aplikasi myIM3

Ngobrolin.id — Banyak kabar yang beredar bahwa kedua provider yang sudah cukup besar, yakni Indosat dan Tri bakal dimerger menjadi satu. Dilansir cnbcindonesia.com, pemegang saham ISAT, yaitu Ooredoo Q.P.S.C asal Qatar sudah menandatangani MoU eksklusif dan tidak mengikat secara hukum dengan CK Hutchison Holdings Limited, pemilik Tri.

Nota kesepahaman tersebut berhubungan dengan rencana potensi mengombinasikan dua perusahaan telekomunikasi di Indonesia, yaitu Indosat dan Tri. Kendati demikian, di dalam nota tersebut tidak menggunakan kata merger, hanya berupa MoU sebagai pertanda bahwa merger dapat menjadi sebuah pilihan yang diambil. MoU tersebut akan berlaku hingga 30 April 2021.

Jika kedua provider tersebut benar-benar dimerger, dilansir dari cnnindonesia.com, pengamat telekomunikasi Heru Sutadi menilai bahwa akan ada perbaikan kualitas layanan sehingga pelanggan bisa menikmati layanan dengan lebih maksimal.

Penggabungan kedua perusahaan tersebut dapat membuat frekuensi menjadi lebih besar dan hal tersebut bisa saja berdampak langsung terhadap kualitas layanan.

Masih dilansir dari laman yang sama, pengamat telekomunikasi Nonot Harsono menjelaskan bahwa merger Tri dan Indosat mampu memperlebar spektrum frekuensi karena jumlah Base Transceiver Station (BTS) yang terakumulasi dari dua perusahaan tersebut meningkat.

Namun, efek merger tersebut baru bisa dirasakan oleh pelanggan setelah satu hingga dua tahun proses merger operator seluler ini berhasil dilakukan. Sebab, kedua provider tersebut memerlukan waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada serta menciptakan sinergi yang baru.

Indosat dinilai lebih unggul dari segi memberikan pengalaman kecepatan unduh dan unggah, sedangkan Tri lebih unggul dalam streaming video dan game. Oleh karena itu, penggabungan kedua provider ini digadang-gadang mampu menyaingi XL yang saat ini masih berada di peringkat kedua, sedangkan peringkat pertamanya adalah Telkomsel.

Hingga saat ini Telkomsel masih unggul dibanding provide-provider lainnya karena menguasai lebih dari 50 persen pengguna seluler di Indonesia. Telkomsel dinilai dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dengan jangkauan jaringan yang lebih luas.

 

 

 

fleet twitter

Hampir Serupa dengan Clubhouse, Kamu Sudah Tahu Fitur Spaces di Twitter?

fitur fleets

Polisi Virtual Sudah Mulai Beroperasi Nih, Gengs!