in ,

Kabar Terbaru dari Rumah Kentang di Bandung yang Horor

rumah kentang
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Anak ‘90-an pasti tahu Rumah Kentang, salah satu urban legend yang populer, bahkan hingga diangkat menjadi film layar lebar. Dahulu rumah ini dianggap sangat menakutkan, kamu akan mencium aroma kentang pada malam hari dan melihat beberapa penampakan. Konon, bau kentang tersebut disebabkan oleh adanya seorang bocah yang tercebur ke dalam kuali yang sedang memasak kentang.

Sebenarnya, ada satu hal yang membingungkan dari urban legend ini, yakni lokasi pasti rumah kentang, karena kalau kamu cari di Google, pasti akan muncul beberapa lokasi rumah kentang. Lokasi yang paling terkenal adalah di Bandung, selanjutnya ada di Cinere (Depok), Dharmawangsa (Jakarta), dan Yogyakarta.

Setelah dicari lebih dalam, ternyata Tim Ngobrolin tidak menemukan penjelasan terkait rumah-rumah tersebut, apakah saling berkaitan atau tidak. Rumah-rumah tersebut hanya dijelaskan mengeluarkan aroma kentang dan sering terlihat penampakan sosok hantu.

Di antara semua rumah kentang yang ada, Rumah yang berada di Bandung menjadi lokasi yang populer. Dikisahkan pada zaman dahulu ada anak kecil berkebangsaan Belanda yang meninggal karena tercebur ke dalam kuali kentang. Anak tersebut meninggal saat pesta sedang berlangsung di rumah tersebut.

Bau kentang menjadi pertanda arwah anak kecil yang meninggal tidak wajar tersebut sedang bergentayangan.

Dikutip dari laman news.detik.com, penjaga Rumah yang terkenal horor, Pramutadi, menjelaskan bau kentang tersebut disebabkan oleh beberapa jenis bunga yang ditanam di rumah itu. Dahulu, rumah itu dihuni oleh ahli botani yang senang menanam berbagai bunga. Melalui proses biologis tertentu, bunga-bunga akan mengeluarkan aroma kentang pada malam hari.

Kini rumah yang dikatakan horor tersebut rupanya sudah dibeli oleh seorang investor dan diubah menjadi restoran. Rumah dengan gaya art deco itu dirombak menjadi restoran Roemah Kentang 1908. Beberapa barang klasik yang berada di dalam rumah digunakan sebagai dekorasi restoran.

Meski sudah diubah menjadi restoran, bangunan aslinya tidak ada yang diubah. Hal ini karena rumah tersebut sudah menjadi bangunan bersejarah di Bandung.

ice burn

Ice Burn, Efek Samping dari Es Batu yang Ditempelkan ke Kulit

junk food dan fast food

Ternyata, Junk Food dan Fast Food Berbeda, Lho!