in ,

Kaktus Koboi, Tanaman Hias yang Sedang Digandrungi untuk Dekorasi Rumah

Bisa bikin rumah terlihat lebih berwarna

kaktus koboi
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Kaktus koboi atau Cereus peruvianus merupakan tanaman hias yang sedang populer saat ini karena banyak orang yang menggunakannya untuk dekorasi rumah. Rumah bisa terlihat lebih segar dengan sentuhan warna hijau dari batang kaktus serta bentuk kaktus yang unik.

Jenis kaktus koboi bisa menjadi tanaman indoor ataupun outdoor yang ditanam pada tanah kering. Tanaman ini tumbuh memanjang vertikal ke atas sehingga tidak terlalu sulit merawatnya.

Pada umumnya, ukuran kaktus ini terbilang cukup besar dan bisa berbunga di musim semi dan panas. Kuncup bunga dapat tumbuh dengan cepat keluar dari batang kaktus seperti ular kecil. Dua minggu kemudian bunga akan mekar di malam hari dan keesokan harinya akan menguncup. Bunga tersebut akan gugur di pertengahan pagi.

Kondisi tersebut sangat umum terjadi pada tanaman kaktus mengingat kaktus merupakan tanaman di daerah panas. Sistem di dalam bagian tanaman ini harus mampu berjalan dengan kondisi suplai air yang sedikit.

Karena berasal dari daerah yang kering dan tandus, sudah pasti tanaman ini sangat butuh cahaya sinar matahari yang kuat. Oleh karena itu, tanaman kaktus yang ditanam di dalam ruangan harus sering dijemur sepanjang hari agar kebutuhan sinar mataharinya tercukupi.

Harga tanaman ini terbilang cukup murah, sekitar Rp50.000-an. Harganya bergantung pada ukuran serta kualitas kaktus yang ingin dibeli. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan kaktus mini di dalam pot berdiameter 20 cm.

Kaktus termasuk tanaman dengan daya tumbuh yang lambat sehingga kamu tidak perlu terlalu sering untuk mengganti pot kaktus. Nah, ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang yang menyukai tanaman ini, mereka tidak perlu repot untuk sering mengganti pot.

Namun, jangan lupa untuk meletakkan tanaman kaktus di tempat yang jauh dari jangkauan anak kecil karena tanaman ini berduri. Durinya cukup berbahaya untuk anak-anak karena bisa melukai kulit apabila tidak sengaja tertancap.

Tanaman cukup disiram ketika media tanam sudah terlihat kering. Kaktus yang dipelihara di Indonesia akan lebih jarang disiram karena musim hujan di Indonesia terbilang cukup panjang sehingga kondisi kelembapan media tanam kaktus cenderung bertahan lebih lama. Tanaman kaktus hanya perlu disiram ketika kaktus sudah terlihat layu.

 

 

 

tilang elektronik

Tilang Elektronik Akan Diterapkan di Beberapa Kota, Apakah Kotamu Termasuk?

sampah plastik

Sadar Gak Sih, Kalau Belanja Online Jadi Penyumbang Jumlah Sampah Plastik