in

Kamu Bisa Dehidrasi Jika Tidak Minum Air Putih Saat Musim Hujan

jaga kesehatan selama musim hujan agar tidak mengganggu aktivitas kamu

musim hujan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Musim hujan memang membuat suhu menjadi turun karena intensitas air hujan yang meningkat. Terkadang, saat suhu dingin kita menjadi beser dan merasa tidak begitu membutuhkan air putih. Padahal, kamu tetap harus menjaga asupan air putih saat musim hujan karena jika kurang kamu tetap akan berpotensi mengalami dehidrasi.

Pada musim kemarau, panas yang melanda akan menyebabkan penguapan yang lebih banyak. Tubuh kamu jadi lebih banyak membutuhkan asupan cairan dari air putih. Sementara, pada musim hujan, memang tubuh tidak akan mengalami penguapan.

Namun, tubuh kita berusaha menyeimbangkan suhu ideal tubuh dengan suhu lingkungan yang lebih rendah daripada biasanya. Hal itu membuat tubuh kekurangan cairan karena melakukan pernapasan yang lebih intens. Inilah yang menyebabkan kulit atau bibir kamu jadi kering pada suhu terlalu dingin.

Jika pada musim kemarau tubuh jadi terasa haus karena membutuhkan banyaknya asupan cairan. Berbeda dengan musim hujan, meskipun sebenarnya tubuh membutuhkan cairan, rasa haus tidak akan muncul karena suhu yang lebih sejuk.

Dilansir dari doktersehat.com, suhu yang dingin akan membuat aliran darah menurun ke seluruh bagian tubuh akibat reaksi tubuh yang harus menyeimbangkan suhu tubuh dengan suhu ruangan yang lebih rendah. Namun, otak kurang bisa mendeteksi hal tersebut sehingga kita menjadi merasa tidak haus.

Berdasarkan penelitian, rasa haus akan menurun 40 persen selama suhu lingkungan lebih rendah dari suhu normal. Oleh karena itu, jangan lupa tetap minum air putih sesuai dengan anjuran kesehatan, yakni delapan gelas sehari agar cairan dalam tubuh kamu seimbang.

Kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon ke dalam air hangat untuk menambah asupan vitamin C dan rasa. Air hangat mampu membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga sistem yang berada di dalam tubuh kamu berjalan dengan normal.

Mungkin, efek sampingnya kamu menjadi sedikit lebih beser dari biasanya karena banyak cairan yang masuk ke tubuh. Tapi, selama jumlah cairan yang masuk sesuai dengan anjuran, tidak apa-apa sedikit beser. Hitung-hitung sistem metabolisme tubuh kamu menjadi lancar karena pembuangan sisa metabolisme berjalan lebih baik.

 

TikTok

Deretan Lagu TikTok yang Paling Sering Digunakan oleh Warganet

cabai terpedas di dunia

5 Cabai Terpedas di Dunia, Berani Coba?