in

Kamu tidak akan Bisa Hidup Bahagia Kalau Terus Melakukan Hal Ini

hidup bahagia
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Siapa sih yang nggak mau hidup bahagia? Semua orang pasti menginginkan hal itu. Tapi ternyata, ada saja hal-hal yang tanpa kamu sadari justru bisa membawa rasa ketidakbahagiaan. Karena itu, kamu harus tahu hal-hal apa yang biasanya membuat kamu tidak bahagia seperti berikut ini.

hidup bahagia
Foto: Pexels
  1. Sering berbohong

Tahu nggak? Ada hukum sosial yang dijalankan di suatu tempat apabila ada salah seorang ketahuan berbohong. Misalnya, tidak didengarkan setiap perkataannya, atau dikucilkan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang, cobalah untuk menganalissi terlebih dahulu: “Apakah jika saya berbohong, bagaimana dampaknya? Apa alasannya yang logis?”. Atau, “Jika saya berkata jujur, apa reaksinya dia? Apakah relasi akan tetap berjalan dengan baik?” dan lain sebagainya.

  1. Gosip, gosip, gosip!

Biasanya gosip disebut juga dengan kabar burung. Jadi, berita yang digosipkan masih diragukan. Orang yang senang bergosip, sangat suka melihat apabila orang yang digosipkannya menderita dan risih dengan kabar burung yang disebarkannya.

Orang tersebut sejatinya hanya seorang manusia yang lemah. Mereka memanfaatkan mulut untuk menyebarluaskan kalimat-kalimat yang dibumbui sehingga seakan berita yang disampaikannya seratus persen terbukti.

Jika kamu salah satu di antaranya, mulailah mengurangi dan berhenti melakukan kegiatan ini. Nyatanya, orang yang suka menggosip, persentase kebahagiaannya akan jauh di bawah dengan orang yang selalu berpikir positif dan melakukan hal produktif lainnya.

  1. Melakukan hal yang tidak produktif

Sesuatu bisa dikatakan produktif apabila terjadwal, terstruktur, dan kamu dapat menghasilkan sesuatu yang baik dalam bentuk rasa puas, kemenangan ataupun materi seperti uang. Jika sebaliknya, artinya kamu harus mulai membenahi diri karena bisa jadi penyebab kamu tidak bahagia.

Hal-hal produktif yang bisa kamu lakukan adalah mengerjakan apa yang menjadi minat di waktu libur atau senggang. Misalnya, membaca buku, melukis, dan lainnya. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui waktu luang kamu dengan mengatur waktu.

  1. Kurang bersyukur

Rhonda Byrne, seorang penulis buku fenomenal berjudul The Secret mengatakan bahwa, “Dengan bersyukur, alam semesta menerima signal bahwa ia ingin mendapatkannya lagi dan lagi, maka alam semesta akan memberikannya lagi, bahkan lebih dari itu.”

Hal ini tentu saja bisa menjadi pelajaran bahwa dengan bersyukur, kita secara tidak langsung meminta yang lebih dan lebih dan bahkan lebih baik dari apa yang sudah kita terima.

  1. Memutus hubungan atau relasi

Memutus tali persaudaraan, atau relasi serta hubungan adalah salah satu faktor yang bikin kamu tidak bahagia. Meskipun berawal dari masalah kecil, memutus tali relasi adalah perbuatan yang tidak baik. Mengapa demikian? Sebab, manusia adalah mahluk yang tidak mampu hidup sendirian. Manusia memerlukan manusia lainnya untuk berkomunikasi, saling membantu dan melindungi, serta saling berkaitan.

Tanpa adanya hubungan, permasalahan akan menjalar ke semua arah. Contohnya, apabila kamu berantem dengan saudara kandung sendiri dan menjaga jarak dengannya, lalu saat kamu tertimpa musibah, siapa yang akan kamu mintai pertolongan pertama jika bukan keluarga sendiri? Inilah yang dimaksud untuk selalu menjaga tali relasi, hubungan, atau persaudaraan.

resep kolak pisang

Resep Kolak Pisang Sebagai Sajian Buka Puasa

poni keriting

Poni Keriting juga Bisa Bikin Kamu Tampil Memukau Lho