in ,

Kamu Tidak Perlu Menggunakan Sarung Tangan Saat Belanja

yang harus diperhatikan adalah rajin mencuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan

sarung tangan saat belanja
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini kamu memang harus ekstra lebih hati-hati untuk menjaga kesehatan diri sendiri untuk menghindari penularan virus corona. Hal yang harus kamu lakukan adalah mencuci tangan, jangan sentuh area muka sembarangan, menyemprot disinfektan pada barang yang berasal dari luar seperti paket, gunakan masker, dan menjaga imun tubuh. Namun, hal tersebut membuat sebagian orang menjadi lebih khawatir dan memilih menggunakan sarung tangan saat belanja.

Sebenarnya, dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker sudah cukup untuk menjaga tubuh kamu dari penularan. Banyak pakar yang beranggapan pada saat belanja tidak perlu mengenakan sarung tangan.

Penggunaan sarung tangan saat belanja hanya akan mentransfer virus dari permukaan yang sudah terkontaminasi ke alas permukaan sarung tangan. Oleh karena itu, penggunaan sarung tangan saat belanja sebenarnya hanya memberikan rasa aman palsu karena membuat seseorang merasa aman menyentuh barang apa saja.

Penggunaan sarung tangan akan efektif jika cara melepaskannya dilakukan dengan benar serta diiringi dengan praktik mencuci tangan. Pasalnya, masih banyak orang yang melepas sarung tangan secara sembarangan, hal tersebut sama saja malah akan membuat virus dan kuman yang ada di sarung tangan bepindah ke tangan. Kamu pun tetap harus mencuci tangan, jadi kerja dua kali, deh!

Penggunaan sarung tangan dinilai efektif jika tujuan penggunaannya tepat seperti menyentuh pakaian pasien yang terkena virus atau memegang gagang selang bensin. Jadi, daripada persediaan sarung tangan medis menjadi menipis, sebaiknya kamu harus tetap rajin cuci tangan dan jangan sentuh area wajah sembarangan.

Untuk mencegah penularan saat belanja di supermarket, kamu bisa melakukan beberapa pencegahan, seperti selalu menerapkan pembatasan jarak, persingkat waktu belanja dengan membuat daftar belanja sebelum belanja, bersihkan tangan dan gagang keranjang belanja dengan handsanitizer dan disinfektan. Saat ini hampir di semua tempat umum sudah menyediakan handsanitizer.

Selain itu, jangan menyentuh produk yang tidak ingin diambil, setelah selesai belanja, segera pulang ke rumah dan cuci tangan kembali dengan benar selama 20 detik. Jangan lupa bersihkan hape dan kunci motor/mobil yang kamu pegang. Agar merasa semakin aman, kamu bisa segera membersihkan barang belanjaan dengan disinfektan atau langsung dicuci dengan sabun.

album nadin amizah

Selamat Ulang Tahun, Album Nadin Amizah

film indonesia yang tertunda

5 Film Indonesia yang Penayangannya Tertunda Akibat Covid-19