in

Kantong Belanja Ramah Lingkungan yang Bisa Menyelamatkan Indonesia dari Belenggu Plastik

kantong belanja ramah lingkungan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Limbah plastik masih menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh Indonesia. Saat ini sudah banyak supermarket yang tidak menyediakan kantong belanja plastik dan menggantinya dengan kantong belanja yang bisa dipakai berkali-kali atau kantong belanja ramah lingkungan.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi kantong belanja ramah lingkungan yang bisa menjadi referensi untuk digunakan.

Paper bag

Paper bag menjadi kantong belanja ramah lingkungan yang paling sering digunakan. Kantong ini terbuat dari kertas. Kantong bisa digunakan ulang, didaur ulang, dan mudah terurai dalam kurun waktu relatif cepat. Harga paper bag sendiri terbilang cukup bervariasi, bergantung pada model kantong yang digunakan.

Sayangnya, paper bag masih belum bisa tahan air. Kantong ini cepat hancur apabila digunakan untuk membawa benda yang basah atau dingin.

Kantong dari tepung singkong

Kantong yang terbuat dari tepung singkong sering disebut sebagai cassava bag. Kantong ini bisa digunakan untuk membawa 5 kg benda kering. Kantong ini bisa terurai dalam kurun waktu 6 bulan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan kompos yang bagus untuk tanah.

Kantong spunbond

Kantong spunbond menjadi salah satu pilihan yang paling sering dijual di pasaran karena kantong ini bisa digunakan untuk membawa benda-benda berat, bisa digunakan berkali-kali, dan murah. Namun, kantong spunbond membutuhkan waktu selama 50 tahun untuk terurai sehingga kamu perlu menggunakannya secara hati-hati, jangan sampai membuat kantong ini mudah robek sehingga harus sering ganti.

Sebenarnya, kantong spunbond cukup tahan dan tidak mudah robek apabila digunakan dengan benar. Tapi, ya namanya manusia terkadang suka khilaf, ya! Jadi, percuma saja kalau kamu sudah memakai kantong spunbond tetapi sering ganti karena kamu menggunakannya dengan kasar.

Kantong karung goni

Kantong ini terbuat dari serat alami yang bisa tahan cukup lama. Harganya memang terbilang lebih mahal dibanding jenis kantong lainnya, tetapi terbilang lebih kuat dan bisa didaur ulang menjadi kompos atau kebutuhan tekstil.

dekorasi kamar

4 Tanda Kamu Sudah Harus Ganti Dekorasi Kamar

Grammy Awards 2021

Deretan Artis yang Akan Tampil di Grammy Awards 2021