in

Karyawan Baru Wajib Tahu, Ini Cara Cari Teman di Kantor

Jangan sendiri sendiri bae, coy!

mencari teman kantor
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Selamat ya! Kalau kamu baru saja diterima di kantor barumu. Apakah ini pertama kali kamu terjun di dunia kerja? Jika iya, kamu wajib banget tahu cara mencari teman kantor di kantor baru tersebut. Nggak susah, kok. Kamu hanya perlu praktikkan langkah-langkah ini agar kamu nggak kesepian di awal masa kerja.

Kenalkan dirimu

Karena kamu adalah karyawan yang paling baru memasuki lingkungan kantor, tak ada salahnya dengan memulai dari diri sendiri. Perkenalkan dirimu dengan sopan dan bersahabat kepada orang-orang di sekelilingmu. Terpenting, kamu harus berkenalan dengan rekan kerja yang berhubungan langsung denganmu.

Confident is the key

Jangan ragu! Percaya diri adalah kunci mengawali segala sesuatu, termasuk mencari teman baru. Tunjukkan rasa percaya dirimu bahwa kamu bisa bergaul dengan mereka. Eits, jangan berlebihan, ya. Kamu cukup meyakinkan bahwa kamu orang yang menyenangkan untuk dimintai pendapat begitu pula sebaliknya.

Malu bertanya, sesat di kubikel

Jika lingkungan kerjamu berbentuk kubikel yang ‘mengurung’ karyawannya dalam lokasi yang berbeda-beda, kamu juga jangan diam saja. Mulailah berkenalan dengan rekan kerja di samping lokasimu berada. Tawarkan kepadanya camilan ringan atau mulai basa-basi yang menyenangkan. Kamu juga harus berani bertanya hal kecil seperti letak toilet, jam lembur kantor, dan sebagainya.

Makan bersama saat jam makan siang

Jurus ampuh berikutnya adalah ikut makan bersama saat jam makan siang tiba. Kamu bisa ikut beberapa teman yang sudah kamu kenal terlebih dahulu untuk ke pantry, kantin, atau sekadar membeli makan siang bersama. Langkah tersebut akan mengurangi kecanggungan yang terjadi di antara kalian.

Open minded

Sebagai karyawan baru, sering kali kita masih tertutup dengan situasi dunia nyata. Padahal, ada banyak hal yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, buang jauh-jauh pikiran close minded dan terlalu idealis. Mulailah membuka pikiran dan pertemanan yang profesional di luar jam kerja.

Jangan julid

Hal yang lumrah bila dalam kantor terjadi banyak gosip dan kabar burung. Salah satu kunci menjadi karyawan baru yang belum mengetahui banyak situasi dan kondisi adalah menjaga diri agar tidak terlibat situasi tersebut. Hindari menggosip (atau bahasa kerennya julid) dengan sesama rekan kantor untuk menghindari konflik.

Hadir acara kantor

Terkesan sepele, tapi kegiatan kantor di luar jam kerja juga penting untuk merekatkan hubungan, lho. Hadirilah acara kantor seperti makan bersama, liburan kantor, acara ulang tahun teman, hingga hadir ke pesta pernikahan rekan kantor. Di sini, kamu bisa memulai basa basi dan mencari tahu lebih jauh tentang rekan kerjamu di dunia nyata.

pekerjaan antibosan

Gampang Bosan? Coba Apply Pekerjaan Ini

mengatasi atasan cerewet

Atasan Cerewet? Ini Solusinya