in

Ke Bandung Cuma 14 Ribu? Bisa Banget!

ke bandung
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini kamu bisa pergi ke Bandung dengan biaya hanya sebesar Rp14.000, lho! Caranya, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta lokal yang melintas dari Stasiun Tanjung Priuk hingga tiba di Kota Bandung. Cocok banget buat kamu yang punya budget tipis atau yang mau mencoba perjalanan ala backpacker.

Perjalanan ini memang akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan lebih ribet. Sebab, kamu harus transit satu kali di Stasiun Purwakarta untuk melanjutkan kereta lokal antara Purwakarta dan Bandung.

Perjalanan dimulai dengan menuju Stasiun Tanjung Priuk atau Kemayoran menggunakan commuter line. Kereta lokal yang akan digunakan nantinya bernama Walahar Ekspress. Kereta ini memang hanya dapat kamu temui di Stasiun Kemayoran atau Priuk.

Walahar Ekspress merupakan kereta api lokal yang melayani rute perjalanan dari Stasiun Tanjung Priuk hingga Stasiun Purwakarta. Tiket kereta Walahar Ekspress dapat dibeli di aplikasi Kereta Api Indonesia (KAI) access ataupun membeli langsung di stasiun. Harga tiketnya hanya Rp6.000. Saat menjelang weekend, kamu lebih disarankan untuk membeli tiket via aplikasi. Sebab, pada saat weekend akan banyak orang yang bepergian melalui jalur ini.

Kereta Walahar Ekspress berangkat dari Stasiun Tanjung Priuk pada pukul 09.55. Kamu harus naik kereta yang pagi untuk mengejar kereta lanjutan dari Purwakarta ke Bandung.

Di Stasiun Purwakarta, kamu dapat menggunakan kereta lokal Cibatuan. Kereta ini biasanya akan berangkat pada pukul 16.00 WIB dan akan tiba di Kota Bandung sekitar pukul 18.21 WIB. Tiket kereta Cibatuan hanya bisa dipesan dengan sistem on the spot atau dipesan pada saat hari itu juga. Tarif untuk kereta Cibatuan sendiri sekitar Rp8.000.

Total ongkos untuk sekali jalan dari Jakarta ke Bandung yang kamu perlukan adalah sebesar Rp14.000. Murah banget bukan, jika dibanding menggunakan mobil travel, bis, atau kereta antarkota lainnya.

Namun, perjalanan dengan rute ini akan memakan waktu yang sangat lama, hampir satu hari dihabiskan di perjalanan. Untuk kamu yang memiliki waktu terbatas sangat tidak cocok untuk digunakan. Selain itu, kereta lokal ini tidak menggunakan sistem nomor kursi seperti kereta jarak jauh lainnya sehingga kamu harus berebut kursi untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

Jika kamu menaiki kereta jarak jauh sering mendengar pemberitahuan berulang-ulang ketika kereta akan tiba di stasiun tertentu, kamu tidak akan menemukannya di kereta ini. Jadi, kamu harus pasang telinga, jangan terlalu lelap tidurnya, ya!

warung langit

Warung Langit, Tempat Makan yang Memakmurkan Petani Lokal

Kang Daniel Dikonfirmasi Alami Gangguan Depresi