in

Ke Filipina? Jangan Lewatkan 6 Makanan Ini

makanan khas Filipina
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kamu sedang ada di Filipina? Atau, ada rencana mengunjungi negara yang satu ini? Kali ini, Ngobrolin.id bakal kasih rekomendasi 6 makanan khas Filipina yang bisa kamu coba.

Chicken adobo

Chicken adobo merupakan makanan khas Filipina yang paling terkenal. Kata adobo dalam bahasa Spanyol berarti marinasi atau perendaman daging. Chicken adobo berarti makanan berbahan dasar ayam yang direndam dalam kecap, cuka, dan bumbu lain misalkan seduhan teh.

Selain terbuat dari ayam, adobo juga bisa terbuat dari daging babi. Makanan ini sangat cocok lho dipadukan dengan kentang.

Balut

Pernah lihat telur yang sudah mulai berubah jadi embrio? Balut adalah makanan olahan yang terbuat dari bahan utama berupa telur tersebut. Telur yang biasa digunakan adalah telur bebek.

Telur ini berusia kurang lebih 17—21 hari. Pada usia tersebut, bagian tubuh unggas sudah mulai terbentuk seperti kaki, kepala, tulang-tulang, dan jeroan. Biasanya, telur ini dimakan dengan bumbu cuka dan garam.

Kare-kare

Di Indonesia, padanan dari makanan ini mungkin adalah kari. Kare-kare dibuat dari sayuran segar dan daging sapi, bisa berupa buntut atau jeroan, dengan bumbu rempah. Hanya saja, kuahnya lebih cair daripada kuah kari.

Kuah kare-kare menggunakan kacang tanah goreng yang ditumbuk menjadi selai kacang. Makanan ini disajikan dengan bagoong, yaitu sejenis fermentasi udang dan perasan jeruk kalamansi.

Kwek-kwek

Eits, ini bukan nama grup trio penyanyi anak-anak, lho. Kwek-kwek adalah penganan khas Filipina yang terbuat dari telur bebek yang direbus. Kemudian, telur ini dikupas dan dibalut dengan adonan tepung berwarna oranye. Cara memasaknya dengan digoreng.

Makanan ini biasa dibeli oleh anak-anak dan dijual oleh penjaja kaki lima. Rasanya gurih dan cocok dijadikan camilan.

Kamaru

Penyuka makanan eskrem bakal suka sama menu yang satu ini. Kamaru terbuat dari serangga jangkrik atau belalang. Sebelum dimasak, bagian kaki dan sayapnya sudah dibuang. Tubuhnya direbus dalam campuran cuka dan bawang putih.

Kamaru dimasak dengan cara ditumis dan ditambahkan tomat cincang serta bawang merah. Rasanya yang gurih bikin ketagihan. Tapi, kalau kamu punya alergi, lebih baik jangan coba-coba deh.

Halo-halo

Makanan yang satu ini merupakan makanan penutup. Bentuknya yang mirip es campur, begitu pula isian yang disajikan. Halo-halo terbuat dari kacang merah, kolang-kaling, nangka, agar-agar, sagu mutiara, nata de coco, ubi, leche flan, susu kental manis, dan eskrim. Leche flan sendiri adalah puding khas Filipina.

 

resep teh talua

Yuk, Bikin Sendiri Teh Talua, Minuman Khas Sumatera Barat

Launching Samsung Galaxy A80

Black Pink Meriahkan Acara Launching Galaxy A80 di Bangkok