in

Kebiasaan Kecil tapi Berbahaya, Hindari Ini agar Ginjalmu Tetap Prima

Kebiasan baik kunci raih kesehatan prima

penyakit ginjal
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tanpa kita sadari, ada banyak kebiasaan kecil yang kita lakukan tapi bisa memicu penyakit ginjal yang berbahaya. Organ vital manusia ini sangat penting bagi kelangsungan hidup. Jangan sampai kita terserang penyakit ginjal apalagi saat masih usia muda. Yuk, cari tahu apa saja yang harus kamu hindari.

Pertama, cukupkan diri mengonsumsi air putih. Setiap harinya, ginjal menyaring darah hingga 170 liter. Oleh karena itu, konsumsi cairan sangat diperlukan oleh tubuh. Setidaknya, manusia butuh cairan hingga 2 liter setiap harinya.

Cairan tubuh dapat diperoleh dari mana saja, seperti sayur atau buah-buahan. Namun, kamu harus mengonsumsi air putih sebagai sumber utama cairan tubuh ini. Air putih juga lebih baik bagi tubuh daripada minuman kemasan yang sudah diberi pemanis dan perasa.

Hal kedua yang harus kita hindari adalah terlalu banyak mengonsumsi garam. Walaupun memberikan rasa nikmat pada makanan yang kita konsumsi, garam dapat meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, ginjal pun harus bekerja lebih keras dalam menyaring darah ini.

Hal lain yang bisa jadi pemicu penyakit ginjal adalah sengaja menahan buang air kecil terlalu lama. Terkadang, kita memang harus menahan buang air kecil karena beberapa keadaan, seperti tidak ada toilet, toilet tidak layak, atau sedang dalam perjalanan.

Terlalu sering menahan buang air kecil justru berbahaya bagi kesehatan ginjal, lho. Batu ginjal dapat terbentuk dan hal ini sangat berbahaya bagi kesehatanmu.

Apakah kamu kesulitan memulai tidur di malam hari? Jika iya, ini adalah saat yang tepat untuk memulai hidup sehat dengan tidur cukup. Tahukah kamu bila kekurangan waktu tidur di malam hari dapat memicu penyakit ginjal?

Tidur sangat penting untuk melemaskan otot dan memperbarui sel tubuh, termasuk organ ginjal kita. Jika kita kurang waktu tidur, organ-organ tubuh juga terus bekerja keras, termasuk ginjal.

Terakhir, penyakit ginjal juga dapat menyerang seseorang yang terus-menerus duduk dalam kurun waktu yang lama. Saat duduk terlalu lama, apakah kamu merasa sakit pinggang dan persendian? Hati-hati, penyakit yang lebih serius dari sakit pinggang juga bisa menyerang.

Agar mencegah penyakit ginjal, kamu bisa lakukan perenggangan setiap beberapa jam. Berdiri sejenak, berjalan cukup, dan gerakan-gerakan lain dalam interval waktu tertentu dibutuhkan agar tubuhmu tetap bergerak.

jam biologis

Jam Biologis Terganggu? Kembalikan dengan Atur Waktu Tidur

menu dada ayam

Menu Dada Ayam Antibosan, Diet Tetap Aman