in

Kebiasaan Keuangan Buruk yang Bikin Akhir Bulan Merana

kebiasaan keuangan yang buruk
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Akhir bulan yang terkesan melarat karena cuma bisa mengandalkan mi instan itu bukan mitos, guys! Nyatanya, memang banyak orang yang sering mengalami akhir bulan yang mencekik dan meresahkan. Kamu pasti tahu kondisi tersebut sering disebabkan oleh kebiasaan keuangan yang buruk, tapi sayangnya kesalahan tersebut masih sering dilakukan. Cara pertama untuk membebaskan akhir bulan yang kelam sudah pasti adalah memperbaiki kebiasaan keuangan yang buruk. 

Kebiasaan keuangan yang buruk ini nggak cuma bikin akhir bulan sering terasa menyeramkan, tetapi juga bisa menyebabkan masa depan kurang cerah. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang perlu kamu sadari secepatnya biar akhir bulan nggak selalu kelam.

Tidak melakukan pembagian

Pada saat pertama kali dapat gaji atau uang bulanan dari orangtua, kamu nggak boleh langsung sumringah. Kamu harus langsung melakukan pembagian, misalnya untuk kebutuhan primer seperti makan sehari-hari, ongkos, biaya kontrakan, dan sebagainya. Selanjutnya, pisahkan untuk membayar utang atau cicilan jika ada. Kemudian, pisahkan lagi untuk menabung dan investasi. Jika bisa, pisahkan lagi untuk amal atau sosial. Jika masih ada sisa, baru kamu gunakan untuk senang-senang.

Tidak melakukan pembagian di awal malah akan menyebabkan kamu lebih boros di awal karena merasa masih punya banyak uang. Padahal, itu fana, guys!

Sulit menabung

Sebetulnya, tidak ada alasan untuk sulit menabung. Kamu harus memaksakan diri untuk menabung secara konsisten. Menabung bisa melatih kamu menjadi lebih sabar dalam menahan keinginan serta membuat kamu lebih terlatih untuk memilah-milah mana yang prioritas dan mana yang sekadar keinginan.

Sering membandingkan kesuksesan kamu dengan orang lain

Mulai dari sekarang, kamu harus mulai belajar untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain, apalagi itu seputar tentang kesuksesan. Pasalnya, sukses itu kata yang sangat universal dan multitafsir. Kamu perlu menciptakan sukses versi kamu biar nggak mudah panas sama pencapaian orang. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi gaya hidup dan kondisi keuangan kamu.

Malas mencatat keuangan

Bagian ini memang terlihat sangat sulit, apalagi buat orang yang tidak terbiasa mencatat keuangan. Pasalnya, mencatat keuangan perlu dilakukan setiap hari dan konsisten. Satu hari saja kamu lupa mencatat, catatan keuangan kamu bisa menjadi tidak sama dengan kondisi keuangan. Meskipun sulit, nyatanya, mencatat keuangan efektif membuat kamu jadi sadar kalau sudah hedon. Dengan begitu, goal-goal kamu bisa lebih mudah dicapai.

Jazz gunung bromo

Jazz Gunung Bromo 2021 Digelar Secara Langsung, Tapi Banyak Syaratnya

insomnia

Apakah Kamu Merasa Sedang Insomnia? Cek Gejalanya!