in ,

Kebiasaan Menggerakkan Kaki Saat Duduk, Bahaya Gak Ya?

kebiasaan yang sebenarnya gak berbahaya tapi sebisa mungkin dikurangi

menggerakkan kaki saat duduk
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sulit diam ketika duduk. Kebiasaan ini memang cukup sering tidak disadari, biasanya seseorang baru menyadarinya ketika orang di sebelahnya merasa terganggu. Ia biasanya menggerakkan kaki saat duduk seperti orang yang sedang menjahit.

Sebenarnya ada sindrom yang dinamakan sindrom kaki gelisah. Tapi tenang saja, selama kamu masih bisa mengendalikan gerak kaki kamu, itu artinya kamu tidak mengidap sindrom tersebut.

Seseorang baru dikatakan terkena sindrom kaki gelisah ketika ia tidak bisa mengendalikan gerak kakinya meskipun sudah disuruh berhenti.

Dilansir dari health.detik.com, kebiasaan menggerakkan kaki saat duduk sebenarnya harus diwaspadai karena bisa jadi itu merupakan gejala sindrom kaki gelisah. Sebab, yang bersangkutan bisa merasa nyaman ketika menggerakkan kaki saat duduk, gejala tersebut masih dalam kategori ringan.

Meskipun bukan merupakan suatu gejala yang membahayakan, kebiasaan ini cukup membuat orang lain merasa kurang nyaman. Pasalnya, saat kaki digoyangkan akan timbul getaran yang bisa dirasakan oleh orang yang duduk di sebelahnya. Selain itu, terkadang dari pergerakan kaki tersebut mengeluarkan bunyi yang kurang nyaman untuk didengarkan.

Pergerakan kaki akan semakin intens ketika sedang berpikir keras, misalnya ketika sedang mengerjakan tugas atau sedang mencari ide. Tapi, pergerakan kaki tersebut tidak bisa dijadikan sebagai pertanda dari otak yang sedang bekerja.

Pergerakan kaki tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari panik, stres, berpikir, lapar, dan masih banyak lagi.

Biasanya, pergerakan kaki juga muncul setelah kamu sudah terlalu lama duduk. Sebenarnya, kebiasaan ini bisa membawa dampak positif juga. Setelah kamu sudah terlalu lama duduk, menggerak-gerakkan kaki bisa membantu kamu memperlancar peredaran darah dan membakar sedikit kalori.

Tapi harus diingat, jika kebiasaan ini bisa menyebabkan orang lain merasa kurang nyaman dan terganggu. Sebaiknya, mulai kurangi kebiasaan ini jika sedang berada di tempat umum, apalagi jika kamu sedang duduk di kursi panjang. Kalau kakimu terus bergerak, orang-orang yang berada di kursi tersebut akan ikut merasakan getarannya.

lagu ahmad abdul

Lagu Ahmad Abdul yang Wajib Kamu Dengarkan!

story of kale

Review Story of Kale, Recommended Gak Ya?