in

Kelebihan Telegram Dibandingkan WhatsApp

aplikasi chatting yang lebih sering digunakan untuk grup komoditas

kelebihan telegram
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kebanyakan komunitas lebih sering menggunakan Telegram dibandingkan WhastApp untuk membuat forum chat yang mampu menampung jumlah anggota yang cukup banyak. Meskipun eksistensi WhatsApp dinilai lebih terkenal, kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp membuat sebagian komunitas bahkan perusahaan lebih memilih menggunakan aplikasi Telegram jadi media chat mereka.

Berikut ini kelebihan Telegram yang tidak dimiliki oleh WhatsApp.

Gratis tanpa iklan

Kamu pasti suka yang gratis apalagi tanpa iklan satu pun, Telegram menyediakan hal itu untuk kamu. Saat banyak aplikasi chatting menggunakan fitur berbayar pada beberapa bagian seperti untuk mendapatkan stiker lucu, Telegram sama sekali tidak menggunakannya. Telegram hanya menyediakan aplikasi versi gratis tanpa iklan.

Hal ini membuat aplikasi lebih terasa ringan dan cepat dibanding aplikasi lainnya. Tentunya tanpa iklan dan kecepatan aplikasi yang ringan membuat kamu bisa lebih menghemat kuota internet.

Bisa digunakan di komputer meski ponsel sedang mati

WhatsApp dan Telegram sama-sama didukung versi web untuk memudahkan para penggunanya mengakses aplikasi. Namun, perbedaan yang mencolok antara Telegram dan WhastApp ialah Telegram versi web bisa diakses meskipun ponsel tidak tersambung ataupun sedang mati.

Jika WhatsApp web harus tersambung dengan sinyal ponsel sehingga jaringan ponsel harus tetap hidup, Telegram tidak memerlukannya. Aplikasi Telegram masih bisa dioperasikan pada saat ponsel mati atau kehilangan jaringan.

Telegram mempunyai cloud penyimpanan

Jika seluruh memori WhatsApp tersimpan dalam penyimpanan internal dan memakan banyak ruang penyimpanan, Telegram memiliki cloud penyimpanan yang menampung seluruh pesan teks, gambar, video, dokumen, dan file. Kamu bisa bebas mengakses memori tersebut dan bisa dilakukan sekaligus pada dua perangkat yang berbeda, misal pada ponsel dan web.

Kapasitas anggrota grup bisa mencapai 5.000 orang

WhatsApp cuma sanggup menampung anggota grup sebanyak 256 akun atau orang. Pada fitur Telegram biasa hanya bisa menampung 200 anggota grup. Namun, kamu masih bisa memperbesar ruang grup dengan menggunakan fitur super group. Kapasitas super besar ini bisa menampung 5.000 akun atau orang. Satu kecamatan di daerah rumahmu, bisa kamu ajak arisan dalam grup di aplikasi Telegram, lho! Tapi, jangan malah buat ghibah, ya.

Fitur secret chat

Telegram memang terkenal aman untuk menyembunyikan rahasia. Fitur secret chat bisa digunakan untuk percakapan yang bersifat personal dan kamu tidak ingin ada yang mengetahuinya.

ampas kopi

Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Disadari

akhir bulan

Yuk, Atur Keuangan Biar Kamu Bisa ‘Say Good Bye to’ Akhir Bulan