in

Kembar Tapi Beda: Bihun, Soun, dan Misoa

soun bihun dan misoa
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Meskipun terlihat mirip, ketiga jenis mi bihun, soun, dan misoa berbeda, lho. Kalau kamu suka makan jenis mi tersebut, pasti cukup mengenali bedanya, ya. Ngobrolin.id bakal jelasin lebih lanjut sebenarnya apa sih beda dari tiga makanan itu.

Bihun

Bihun terbuat dari tepung beras. Tepung beras tersebut dijadikan adonan mi lewat proses gelatinisasi. Ciri utama bihun adalah warnanya yang transparan. Selain itu, helai bihun juga paling tipis jika dibandingkan dengan saudara kembarnya, soun dan misoa.

Bihun disebut juga dengan rice vermicelli. Jika bihun dimasak dengan air panas, teksturnya tidak akan selicin mi soun. Bihun kerap dijadikan berbagai menu seperti bihun goreng, dan campuran pada soto dan bakso.

Tips jika kamu ingin memasak bihun sebagai isian soto atau bakso adalah jangan merebus atau memanaskannya terlalu lama. Kuah bakso dan soto yang panas akan melunakkan lagi tekstur bihun setelah pemasakan.

Soun

Soun terbuat dari pati kacang hijau. Meskipun demikian, soun juga bisa dibuat dari pati kentang, pati ubi, ataupun pati singkong. Soun memiliki warna transparan, namun lebih tebal dari bihun.

Tekstur soun akan berubah licin setelah dimasak. Memasak soun pun tidak perlu direbus. Kamu cukup merendamnya dalam air mendidih selama 5—15 menit sampai melunak. Soun juga kerap disebut sebagai glass noodle atau mung bean noodle.

Soun biasa dimasak menjadi soun goreng, soun kuah, dan berbagai masakan lainnya.

Misoa

Misoa terbuat dari tepung terigu. Ia berbentuk lembut dan tipis. Ciri utamanya adalah misoa berwarna putih, tidak transparan seperti bihun atau soun. Cara memasak misoa pun cukup dengan direndam dalam air panas sampai lunak.

Misoa biasa digunakan sebagai isian lumpia, sup, ataupun dibuat jadi misoa goreng. Teksturnya yang lembut membuat mi yang satu ini cukup sering dijadikan sebagai makanan bagi orang lanjut usia ataupun anak-anak.

Kalau kamu lebih suka soun, bihun, atau misoa, guys? Konsumsi yang mana saja baik, kok, untuk tubuh karena ketiganya terbuat dari bahan yang bermanfaat bagi tubuh. Jangan lupa imbangi dengan sayur dan lauk ya agar nutrisinya tetap seimbang.

Gejala Skizofrenia

Sering Dikira Gila, Ini Gejala Skizofrenia

Cuaca ekstrim

BMKG Sebut Cuaca Ekstrem akan Terjadi Dua Hari Ini