in ,

Kenal Lebih Dekat Batu Tawas yang Bisa Menghilangkan Bau Ketiak

Memang benar bisa menghilangkan bau, tapi aman gak ya?

batu tawas
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Bau badan termasuk salah satu permasalahan yang sering menghilangkan kepercayaan diri sehingga perlu segera diatasi. Bagian badan yang sering mengeluarkan bau kurang sedap adalah ketiak. Bau pada bagian ini sering diatasi dengan deodoran. Tapi, tahukah kamu banyak orang yang mulai menggunakan batu tawas untuk mengatasi bau di ketiak.

Apa itu batu tawas?

Batu tawas merupakan kristal garam transparan yang bisa larut di dalam air. Ada beberapa jenis tawas yang bisa kamu jumpai di pasar, yaitu tawas kalium, tawas soda, tawas ammonium, dan tawas aluminium. Tawas kalium merupakan jenis yang paling populer digunakan.

Sebenarnya, penggunaan batu tawas sebagai penghilang bau ketiak bukanlah hal baru karena kebiasaan ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Selain mengatasi bau ketiak, tawas juga bisa digunakan pada beberapa bagian tubuh lain yang dapat mengeluarkan bau.

Tawas bersifat hypoallergenic, mudah dibersihkan, dan tidak menyumbat pori-pori. Batu ini dapat bekerja untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau badan sehingga tubuh menjadi jarang mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bahkan, tawas bisa melindungi badan selama 24 jam, lho!

Batu tawas sering digunakan dalam bentuk bongkahan batu yang sudah terbentuk menyerupai sabun batangan atau berbentuk tabur menyerupai bedak. Tahukah kamu kalau pernah ada kasus wanita Singapura yang diduga membawa obat terlarang sehingga dirinya ditahan pihak berwajib, padahal itu adalah bedak tawas untuk ketiak.

Cara penggunaannya

Cara penggunaannya sangat sederhana. Jika kamu menggunakan batu tawas berbentuk seperti sabun batang, batu hanya perlu direndam ke dalam air selama 3 detik. Setelah itu, gosokkan batu pada ketiak secara merata. Cara penggunaannya memang sangat mirip ketika kamu menggunakan deodoran.

Sementara, untuk tawas bubuk, cara menggunakannya ialah ambil sedikit bubuk dan letakkan di telapak tangan, kemudian tambahkan air agar tawas larut. Setelah itu, aplikasikan tawas pada bagian ketiak.

Efek samping

Sebagian besar orang beranggapan tawas merupakan bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan. Eits, tunggu dulu! Batu ini juga tetap bisa menimbulkan dampak yang kurang baik. Penggunaan tawas berpotensi menyebabkan iritasi, gatal, sensasi terbakar, kulit kering, kemerahan, dan alergi.

Jika kamu punya kulit yang sensitif atau masih kurang yakin, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit, ya!

 

 

 

gunung termahal

Mendaki Gunung Tidak Selalu Gratis, Ini 7 Gunung Termahal untuk Didaki!

pasangan manipulatif

Hati-hati sama Pasangan Tipe Manipulatif, Begini Ciri-cirinya