in ,

Kenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Kirim Pesan Signal

Siapa yang sudah mulai beralih ke signal?

aplikasi signal

Ngobrolin.id — Sejak pengumuman kebijakan terbaru dari WhatsApp, banyak pengguna yang ingin beralih aplikasi karena tidak menyetujui kebijakan tersebut. Pasalnya, setelah kebijakan terbaru berlaku, WhatsApp bisa membagikan beberapa data pengguna ke Facebook untuk diolah. Aplikasi yang sedang banyak disebut warganet untuk menggantikan WhatsApp adalah aplikasi Signal dan Telegram.

Kalau aplikasi Telegram pasti kamu sudah tahu, kan. Aplikasi kirim pesan yang sudah ada cukup lama dan saat ini memiliki banyak pengguna. Nah, kalaui Signal pasti masih asing di telinga kamu.

Warganet mulai ramai-ramai mengunduh Signal setelah Elon Musk mengunggah cuitan di Twitter dengan kalimat ‘use signal’. Bahkan, saking banyaknya orang yang mengunduh, pada 8 Januari 2021 pihak Signal memberikan informasi mengenai keterlambatan pengiriman kode verifikasi melalui akun Twitter resmi mereka.

Ngobrolin akhirnya penasaran dengan aplikasi kirim pesan berwarna biru dengan simbol dialog gelembung berwarna putih. Besar aplikasi ini hanya sekitar 35,30 MB sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk mengunduhnya di PlayStore atau di AppStore.

Setelah selesai mengunduh, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk dikirimkan kode verifikasi, nantinya kode verifikasi akan terinput secara otomatis. Pengguna diminta untuk memasukkan pin untuk mengakses aplikasi, selanjutnya aplikasi sudah bisa digunakan.

Halaman awal aplikasi ini terbilang hampir sama seperti aplikasi WhatsApp dan Telegram. Karena masih terbilang baru, kemungkinan besar teman kontak kamu yang menggunakan aplikasi ini masih terbatas.

Aplikasi Signal menawarkan privasi yang lebih untuk para penggunanya dengan enkripsi antarpengguna yang canggih sehingga isi percakapan lebih terjaga. Signal mampu mengirim pesan meskipun dengan kondisi sinyal lemah.

Signal merupakan sebuah organisasi nirlaba independen 501c3 sehingga pengembangannya didukung langsung oleh para pengguna. Jadi, aplikasi ini tidak akan memasukkan iklan dan pelacak.

Secara keseluruhan, fitur di dalam aplikasi Signal hampir sama dengan aplikasi kirim pesan pada umumnya. Dalam aplikasi ini kamu bisa mengirim pesan, gambar, audio, dan video. Selain itu, melakukan panggilan video dan suara yang bisa dilakukan oleh 5—8 pengguna.

Signal telah diluncurkan sejak 2013 silam oleh Moxie Marlinspike dan saat ini sudah memiliki 10 juta pengguna. Brian Acton, mantan pendiri WhatsApp bergabung sebagai Chairman Signal Foundation pada 2018 dan menyuntikkan dana sekitar US$50 juta untuk pengembangan aplikasi. Brian Acton meninggalkan WhatsApp sejak 2017 karena tidak setuju WhatsApp digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara memasang iklan digital.

film animasi Nussa

Film Animasi Nussa Tayang Perdana di Bioskop, Jangan Sampai Terlewat!

album pamungkas

Pamungkas Segera Hadir dengan Album Terbarunya Solipsism 0.2