in

Kenal Lebih Dekat dengan Maskot PON XX

Kamu sudah tau kenal belum sama Maskot PON XX?

maskot PON XX
foto: Instagram @PONXX2020papua

Ngobrolin.id — Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 sebentar lagi bakal diadakan di Papua. Salah satu hal menarik yang perlu dibahas dari perhelatan PON XX ini adalah maskot yang digunakan. Maskot PON XX diberi nama Kangpho dan Drawa, kedua maskot tersebut memiliki banyak arti yang menggambarkan perhelatan acara ini, lho! Simak ulasan berikut melansir dari kominfo.go.id.

Kangpho

Kangpho merupakan kanguru pohon mantel emas. Jika selama ini kamu mengira kanguru adalah hewan khas Australia, kamu salah, di Papua juga ada kanguru yang sering dikenal dengan nama kanguru pohon mantel emas atau Dendrolagus pulcherimus.

Kanguru mantel emas merupakan satwa marsupial atau mamalia yang memakan buah dan biji-bijian. Mahkota yang dikenakan oleh Kangpho memiliki bagian yang berwarna putih di bagian atas, ini menggambarkan puncak salju di Pegunungan Papua. Sementara, bagian bawah mahkota berwarna kuning keemasan sebagai lambang kejayaan hasil kekayaan tambang di bumi Papua.

Pada bagian ikat pinggang terdapat ukiran Papua yang sudah sangat terkenal. Ukiran tersebut sebagai bentuk tradisi kehidupan dan spiritual hidup serta penghormatan nenek moyang.

Kangpho juga mengenakan rumbe-rumbe yang merupakan lambang kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan Papua. Rumbe-rumbe ini memberikan arti sambutan yang hangat dan penuh keakraban di tanah Papua.

Drawa

Maskot PON XX selanjutnya adalah Drawa yang merupakan gambaran dari burung cendrawasih jantan dewasa. Drawa juga menggunakan rumbe-rumbe dan ikat pinggang seperti Kangpho. Tetapi, pada Drawa terlihat adanya medali yang tergantung di bagian leher hingga dada. Medali tersebut memiliki tiga lingkaran yang menggambarkan medali emas, perak, dan perunggu.

Warna kulit Drawa menggambarkan kehangatan, persahabatan, dan cinta kasih. Sementara, warna asli cendrawasih menggambarkan semangat, kehangatan, dan kegembiraan.

Bagian sayap, ekor, dan jari merupakan simbol dari penyelenggaran PON XX 2020 yang seharusnya digelar tahun lalu, tetapi karena pandemi COVID-19 penyelenggaran tersebut baru digelar tahun ini.

Kedua maskot tersebut membawa obor yang merupakan gambaran dari semangat kuat dan menyala bagai api untuk bertanding memperebutkan prestasi dengan menjunjung tinggi sportivitas.

kaldu udang

Jangan Dibuang, Kulit dan Kepala Udang Bisa Diolah Jadi Kaldu, Lho!

kata cepu

‘Cepu’ Mulai Viral Kembali, Ternyata dari Sini Asal-Usul Kata Cepu