in ,

Kenal Lebih Dekat Kapal Selam Buatan Indonesia, KRI Alugoro-405

Alugoro-405
foto: Indonesia.go.id

Ngobrolin.id — Untuk pertama kalinya Indonesia berhasil membangun kapal selam pertama buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daero Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan. Kapal selam buatan Indonesia tersebut diberi nama KRI Alugoro-405 dan sudah diserahterimakan oleh DSME kepada Kementerian Pertahanan untuk selanjutnya diserahkan kepada Mabes TNI AL dan Pangkoarmada II selaku pengguna.

Serah terima kapal selam buatan Indonesia KRI Alugoro-405 dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Prabowo mengapresiasi keberhasilan tersebut dan menyebutnya sebagai tonggak histori karena galangan kapal milik perusahaan nasional, yakni PT PAL berhasil ikut andil dalam pembuatan kapal selam.

Setelah satu bulan diserahterimakan, kapal selam Alugoro-405 langsung ikut dalam misi pencarian KRI Nanggala-402 yang tenggelam di kedalaman 838 meter. Kapal selam ini diperbantukan untuk menyusuri laut utara Bali, lokasi menghilangnya KRI Nanggala-402.

Kapal selam Alugoro-405 merupakan kapal selam jenis Diesel Electric Submarin U209 (Nagapasa Class) yang memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dan kecepatannya dapat mencapai 21 knot ketika berada di bawah air. Bobot kapal selam ini mencapai 1.800 ton.

Nama Alugoro yang disematkan pada kapal selam ini diambil dari nama senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut merupakan gada yang digunakan oleh ksatria dan bangsawan.

Kapal selam besutan Indonesia ini dapat membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah selama 50 hari dan dirancang dengan life time sampai 30 tahun. Alugoro-405 telah sukses mencapai kedalaman 311 meter di bawah permukaan laut pada saat diuji coba.

Alugoro telah dilengkapi dengan persenjataan yang canggih, terdiri atas delapan tabung torpedo 533 militer dan 14 rudal. Selain itu, kapal selam juga dipasang roket antikapal perang UGM-85 Harpoon buatan Boeing. Alugoro juga memiliki rudal bersayap sepanjang 4,6 meter dengan berat 221 kg dan bisa menghantam target dari jarak 124 kilometer.

Dilansir dari cnnIndonesia.com, perwira TNI Al Letnan Kolonel Laut Ahmad Taufiq menjelaskan bahwa Alugoro sudah dilengkapi dengan senjata torpedo Black Shark generasi terbaru buatan Whitehead Alenia Sistemi Subasquel (WASS). Torpedo tersebut juga terdapat pada kapal selam KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardedeall-404.

Torpedo Black Shark memiliki panjang 6 meter dan berdiameter 533 milimeter. Torpedo ini dapat meluncur sejauh 50 kilometer dengan kecepatan 50 knot. Selain itu, memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah sehingga sangat sulit terdeteksi.

 

es kacang merah

Resep Es Kacang Merah yang Menyegarkan nan Bergizi

popok bayi bekas

Jangan Buang Popok Bayi Bekas, Bisa Dijual Lho!