in

Kenalan dengan Larry Tesler, Penemu Copy-Paste

teknologi yang sangat membantu kamu di saat deadline melanda

larry tesler
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini sudah banyak teknologi yang tercipta memudahkan kehidupan manusia. Salah satu teknologi sederhana yang sangat membantu kehidupan manusia, terutama bagi kamu pekerja kantoran, siswa hingga mahasiswa adalah copy-paste. Sudah kenal dengan penemunya? Dia adalah Larry Tesler.

Namanya memang tidak begitu fenomenal, meskipun penemuannya sudah digunakan oleh hampir seluruh penduduk bumi. Pada Senin, 17 Februari lalu, Larry Tesler ilmuwan yang menemukan fitur copy-paste meninggal dunia.

Tesler lahir pada1945, merupakan ilmuwan spesialisasi desain antar-muka teknologi. Telser mengawali kariernya pada 1960 di Silicon Valey. Pada masa itu, komputer merupakan barang mewah dengan bentuknya yang sangat besar. Kala itu, hanya segelintir penduduk di bumi yang memiliki komputer.

Tesler juga pernah direkrut oleh Steve Jobs untuk masuk bergabung ke perusahaannya, yaitu Apple. Dilansir dari Kompas.com Tesler mengabdi di Apple selama 17 tahun dan diberi tanggung jawab sebagai ilmuwan kepala.

Setelah meninggalkan Apple pada 1997, Tesler mulai mendirikan perusahaannya sendiri bernama Stabecast Software. Perusahaan tersebut membuat aplikasi yang mudah diakses oleh anak-anak yang tertarik untuk mempelajari konsep pemrogaman.

Tesler melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Amazon pada 2001 dan sempat memegang jabatan menjadi Wakil Presiden. Dilansir dari Tempo.co, Tesler beralih ke Yahoo meskipun hanya berlangsung singkat. Pada 2009, Tesler lebih fokus untuk menjadi konsultasi bidang teknologi.

Dari seluruh pengabdiannya di bidang teknologi, inovasi Tesler yang sangat dikenang adalah perintah copy, cut, dan paste. Teknologi ini mengadopsi metode pengeditan versi lama. Teknologi ini membantu seseorang untuk memotong sebagian kalimat dan menempelkan di tempat yang lain.

Tesler berkeyakinan untuk menciptakan ‘mode’ baru yang dianggapnya lebih ringan. Pasalnya, pada masa itu ‘mode’ yang digunakan cukup berat untuk digunakan oleh perangkat lunak sehingga membuat komputer bekerja lebih keras.

Berawal dari keyakinannya tersebut, Tesler berhasil menciptakan teknologi copy-paste yang menyelamatkan para deadliners yang baru ingat besok ada tugas presentasi. Tesler meninggal di usia 74 tahun dan diumumkan resmi dari akun Twitter Xerox.

menggunakan jasa ojol

Hai Wanita, Perhatikan Tips Ini agar Aman Menggunakan Jasa Ojol

petualangan sherina

Sekuel Film Petualangan Sherina akan Rilis?