in

Kenalan Yuk Sama Mi Glosor dari Bogor

Keunikan mi glosor Bogor adalah komposisinya yang berbeda dengan mi kebanyakan.

mi glosor Bogor
Foto: Instagram bdirzani

Ngobrolin.id — Pencinta hidangan mi, mana suaranya? Berasal dari budaya Cina, kini mi menjadi salah satu panganan yang akrab dengan lidah orang Indonesia. Salah satunya adalah mi glosor Bogor yang satu ini.

Mi biasanya terbuat dari tepung terigu yang diberi tambahan lain. Telur, garam, air, hingga bumbu lainnya biasa ditambahkan untuk membentuk cita rasa dan tekstur mi menjadi semakin menarik.

Keunikan mi glosor Bogor adalah komposisinya yang berbeda dengan mi kebanyakan. Mi yang satu ini terbuat dari campuran tepung sagu atau aci dan air. Warna kuning khas mi glosor didapatkan dari kunyit, lho.

Nama mi glosor didapatkan karena dalam bahasa Sunda, glosor atau gelosor berarti mengalir. Nama tersebut disematkan karena mi ini sangat mudah dimakan. Mi glosor akan langsung mengalir lancar dari mulut menuju kerongkongan.

Penyajian mi glosor Bogor sendiri cukup sederhana. Mi biasanya dimasak dengan cara ditumis bersama beragam sayuran seperti kol dan sawi hijau. Kemudian, jika sudah matang akan diberikan topping berupa kuah sambal kacang. Mi glosor akan kurang lengkap tanpa tambahan gorengan. Kamu bisa pilih sendiri apa gorengan favoritmu.

Kamu bisa menemukan jajanan yang satu ini dijual di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional sampai warung-warung. Mi ini dikemas dalam kemasan mika bening berukuran kecil. Bumbu mi berupa kuah kacang biasanya dikemas terpisah.

Tapi saat bulan Ramadan, mi glosor Bogor akan lebih mudah dijumpai. Saat berburu takjil, kamu akan menemui mi kuning ini menyempil di sela-sela kolak, dadar gulung, dan menu takjil lainnya. Kemasannya yang kecil bikin mi ini cocok jadi makanan pembuka sebelum menyantap nasi.

Tapi tahukah kamu bahwa meskipun namanya mi glosor Bogor, makanan yang satu ini bukan berasal dari kota hujan? Mi glosor sendiri awalnya berasal dari daerah Sukabumi. Namun karena kenikmatannya, makanan ini digemari oleh masyarakat Bogor dan menjadi ciri khas Bogor.

Pada 2016 silam, di Kota Bogor pernah ada festival memasak mi glosor, lho. Setidaknya ada 100 kilogram mi glosor yang dimasak untuk memeriahkan acara tersebut. Wow! Kamu sudah pernah coba mi glosor?

variety show masak Korea

Suka Masak? Yuk, Tonton Variety Show Masak Korea

lagu terbaik Dua Lipa

7 Lagu Dua Lipa Terbaik, Mana yang Kamu Suka?