in

Kenali 3 Mata Uang Harry Potter

Potterhead pasti tahu, dong.

uang Harry Potter
Foto: instagram wizardingworldinsta

Ngobrolin.id — Dingin-dingin gini, enak banget minum butterbeer di The Three Broomstick di Hogsmeade. Lantas sebelum kembali ke Hogwarts, jangan lupa membeli camilan dan makanan manis di Honeydukes Sweetshop. Eits, intip kantong dulu. Kira-kira galleon, sickle, dan knut masih berapa ya? Mata uang Harry Potter tersebut harus tersedia di kantong.

Buat kalian para Potterhead, pasti sudah tidak asing dong dengan istilah galleon, sickle, dan knut? Istilah tersebut menggambarkan tiga mata uang Harry Potter yang berbeda. Ketiganya bisa digunakan untuk membeli barang-barang di dunia sihir. Kalau kamu belum tahu bedanya, berikut Tim Ngobrolin jelaskan.

Galleon

Galleon disebut juga sebagai gold-galleon karena terbuat dari emas. Dibandingkan mata uang dunia sihir universe Harry Potter lainnya, galleon memiliki nilai paling tinggi. Satu galleon sebanding dengan 17 sickle. Satu galleon juga memiliki nilai yang sama dengan 493 knut.

Uang galleon beredar di wilayah Britania Raya. Kini, kurs pertukaran galleon dengan mata uang setempat sebanding dengan 5 poundsterling Inggris. Jangan sampai tertipu, ya. Sebab, kamu bisa menemukan galleon palsu yang dibuat untuk tujuan lain. Misalnya, galleon palsu ini bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti buatan Hermione Granger.

Jika kamu punya galleon, kamu nggak hanya bisa beli segelas butterbeer atau sekantong kecil permen cokelat. Galleon sendiri jarang dimiliki oleh siswa Hogwarts, kecuali yang berasal dari keluarga kaya raya.

Sickle

Sickle punya julukan lain, silver-sickle. Julukan ini diberikan karena sickle terbuat dari perak. Butuh 17 keping sickle agar nilainya setara dengan satu galleon. Namun, jika kamu punya satu sickle, kamu bisa memecahnya menjadi 29 knut, lho.

Satu sickle setara dengan kurang lebih 0,29 poundsterling Inggris. Kalau kamu ingin naik Bus Ksatria dari Desa Little Whinging ke Diagon Alley, kamu cukup membayar ongkos sebanyak 11 sickle saja.

Knut

Terakhir ada knut yang bisa diibaratkan seperti ‘recehan’ dalam mata uang sihir di universe Harry Potter. Pelafalan yang benar dalam penyebutan knut adalah ka-nut. Butuh 493 keping knut untuk ditukarkan dengan satu galleon atau 29 knut untuk ditukarkan dengan satu sickle.

Satu buah knut sendiri nilainya sama dengan satu Penny di Britania Raya. Satu sekop mata kumbang di Dragon Alley dihargai sebanyak 5 knut. Tertarik membeli?

Konser Tulus

Delapan Tahun Berkarya, Tulus Siapkan ‘Sewindu’

hambatan skripsi

Usir Tuntas Penghalang Skripsi agar Cepat Selesai