in

Kenali 7 Kota Terbesar di Indonesia

Di luar Jawa, kota-kota besar ini tumbuh dan berkembang

kota terbesar di Indonesia
Foto: instagram damar_angga_saputra

Ngobrolin.id — Indonesia merupakan negara yang sangat luas. Terdiri atas 35 provinsi dan ratusan kota serta kabupaten, membuat Indonesia terbagi menjadi banyak wilayah. Beberapa kota terbesar di Indonesia menjadi pusat ekonomi, sedangkan kota lainnya terdiri atas hutan. Penasaran seperti apa kota-kota tersebut?

Kota Palangka Raya

Terletak di Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya memiliki luas 2.400 kilometer persegi. Jumlah penduduk yang tinggal di sini adalah 376 ribu jiwa. Kota yang memiliki luas 3,6 kali Jakarta ini pernah digagas oleh Presiden Soekarno sebagai ibu kota negara menggantikan Jakarta.

Kota Dumai

Kali ini, kita melangkah ke sisi lain Sumatera. Dumai terletak di Provinsi Riau, dan memiliki luas hingga 2.039 kilometer persegi. Kota ini dihuni oleh kurang lebih 350 ribu jiwa dan terdiri atas 7 kecamatan. Kota Dumai sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis yang mulai diresmikan pada 1999.

Kota Tidore Kepulauan

Merupakan kota kepulauan, luas wilayah ini mencapai 1.550 kilometer persegi. Kota Tidore Kepulauan sendiri merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara. Dikenal dengan hasil bumi cengkih dan pala sejak penjajahan Belanda, kini Kota Tidore Kepulauan menjadi kota ketiga terluas di Indonesia.

Kota Subulussalam

Tak banyak yang tahu, jika kota terbesar keempat di Indonesia terletak di Aceh. Kota Subulussalam memiliki luas hingga 1.391 kilometer persegi dengan total 5 kecamatan. Kota ini sendiri berbatasan langsung dengan Sumatera Utara. Ada lima suku bangsa yang menghuni kota luas ini antara lain Suku Singkil, Suku Pakpak, Suku Aceh, dan Suku Jawa.

Kota Sorong

Posisi kelima kota terbesar di Indonesia diduduki oleh Kota Sorong di Papua Barat. Terdapat 10 kecamatan yang memadati daerah seluas 1.105 kilometer persegi ini. Kota ini memiliki sebutan Kota Minyak karena perusahaan Netherlands Nieauw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) mulai melakukan pengeboran di Sorong sejak 1935.

Kota Jayapura

Ibu kota Provinsi Papua ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang didirikan oleh FJP Sachse ini memiliki luas hingga 940 kilometer persegi dan terdiri atas 5 kecamatan. Kota ini mendapat julukan Kota Baru dan Sukarnopura sebelum menyandang nama Jayapura. Nama Jayapura diambil dari nama Kota Jaipur di Rajasthan yang berarti ‘Kota Kemenangan’ dalam bahasa Sanskerta.

Kota Samarinda

Memiliki daerah seluas 718 kilometer persegi, ibu kota provinsi Kalimantan Timur ini terdiri atas 10 kecamatan. Kota ini memiliki keunikan, yakni dibelah oleh Sungai Mahakam. Selain itu, Samarinda menjadi gerbang menuju pedalaman Kalimantan melalui jalur sungai, darat, dan udara.

minuman khas daerah

Minuman Khas Daerah Cocok Diminum Saat Gerah

penyebab sariawan

Hal-hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Sariawan