in

Kenali 7 Makanan Penyebab Alergi

penyebab alergi
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Beberspa makanan diklaim sebagai penyebab alergi. Hal ini disebabkan oleh berbagai kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Sering kali, tubuh salah mengenali zat tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya. Dengan begitu, makanan tersebut justru bisa jadi penyebab alergi.

Ikan laut dan makanan laut lainnya

Berbagai jenis ikan laut merupakan sumber alergen yang kuat. Alergi yang ditimbulkan dapat berupa bersin-bersin atau sesak napas. Beberapa orang bahkan bisa menderita gatal-gatal bila mengonsumsi makanan tersebut. Tak hanya ikan laut, beberapa makanan laut seperti udang dan kepiting juga bisa menimbulkan alergi.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang paling sering menimbulkan alergi adalah kacang tanah dan kacang pohon. Contoh kacang pohon yang biasa menimbulkan alergi adalah kacang almond, kacang walnut, kacang mede, dan sebagainya. Alergi ini bisa terjadi pada anak-anak ataupun orang dewasa. Biasanya, efek alergi adalah gatal-gatal, terutama di bagian tenggorokan.

Susu sapi dan produk olahannya

Komponen pada susu yang biasa menyebabkan alergi adalah laktosa. Beberapa orang tidak memiliki enzim laktase sehingga tidak bisa mencerna gula ini dalam tubuh. Akibatnya, seseorang dapat mengalami gangguan pencernaan.

Tak hanya pada susu, produk olahan susu pun bisa menimbulkan alergi. Hindari pemberian susu sapi dan olahannya pada bayi. Gejala yang biasanya ditimbulkan adalah diare dan muntah.

Telur ayam

Telur ayam bisa menjadi alergen pada sebagian orang. Alergi yang terjadi bisa berupa reaksi gatal pada kulit, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan.

Kerang

Alergi ini sebenarnya lebih disebabkan kepada zat yang dikonsumsi oleh kerang. Jika kerang diambil dari daerah yang tercemar polusi, risikonya akan lebih besar untuk meningkatkan potensi alergi sesorang.

Gandum

Kandungan dalam gandum yang bisa menimbulkan alergi adalah gluten. Gejala yang ditimbulkan seringkali disebut dengan celiac. Gejala ini ditandai dengan sistem kekebalan tubuh menyerang usus halus setiap ada protein gluten yang tertelan.

Gluten umumnya terdapat pada gandum. Namun, gluten juga ditemui pada rye dan barley. Oleh karena itu, penderita alergi gandum harus lebih waspada. Gluten juga harus dihindari oleh penderita autis.

Gluten akan dicerna secara tidak sempurna oleh penderita autis. Alih-alih jadi sumber protein, gluten justru dicerna menjadi zat yang mirip morfin. Akibatnya, penderita tersebut akan menjadi hiper-aktif atau terlalu senang.

Sayur dan buah

Perlu diketahui buah dan sayur apa saja yang menyebabkan alergi bagi seseorang. Hal ini dapat sangat berbeda-beda pada tiap individunya. Namun biasanya, seseorang yang alergi terhadap sayur dan buah juga alergi terhadap kacang-kacangan.

Apel, peach, ceri, pir, dan wortel adalah sayur dan buah yang bisa menimbulkan alergi. Beberapa kasus juga menunjukkan bahwa jeruk juga bisa menyebabkan gejala alergi berupa kulit kemerahan pada bayi dan anak.

asupan untuk anak sakit

Berbagai Kombinasi Asupan untuk Anak Sakit

gejala bulimia

Bulimia: Gejala dan Pencegahan