in

Kenali Beberapa Istilah yang Sering Digunakan Perusahaan Startup

Ayo ketahui istilah-istilahnya biar gak ketinggalan zaman!

startup
foto: pixabay

Ngobrolin.id Startup merupakan institusi manusia yang berupa individu atau perusahaan. Saat ini banyak orang telah berhasil mengembangkan usahanya melalui startup. Model bisnis ini bisa didirikan oleh individu atau perorangan ataupun oleh institusi perusahaan. Seringkali pelaku startup menggunakan istilah-istilah bisnis yang jarang digunakan oleh pengusaha umum. Berikut beberapa istilah tersebut.

Acqusition

Keadaan di mana satu perusahaan membeli saham mayoritas di suatu perusahaan.

Agile

Filosofi dalam pengembangan software yang memiliki fungsi untuk mendukung pengembangan inkremental dan menekankan pada kemampuan kolaborasi dan adaptasi.

Angel investor

Angel investor merupakan individu yang memiliki modal dan menyalurkan modal tersebut untuk berbisnis di startup dalam bentuk perjanjian kerja sama usaha, yaitu saham. Umumnya, angel investor mudah ditemui pada startup yang baru saja berdiri atau baru akan berdiri. Biasanya, perusahaan tersebut akan membutuhkan sejumlah modal, tetapi belum bisa menjanjikan keuntungan.

B2B (Business to Business)

Merupakan sistem pemasaran dengan sasaran targetnya adalah perusahaan atau bisnis lain. Misalnya, pemasaran tisane (teh beraroma) yang dilakukan ke hotel-hotel bintang 4 atau restoran mewah. Sistem ini berbeda dengan B2C atau business to consumen.

Sistem pemasaran B2C sudah sangat jelas akan dilakukan langsung ke konsumen. Biasanya perusahaan yang melakukan pemasaran ini adalah mereka yang menghasilkan produk ritel.

Benchmark

Benchmark merupakan contoh suatu perusahaan yang sudah berhasil, perusahaan yang akan memulai bisnis pada bidang yang sama akan mempelajari dan memodifikasinya. Biasanya, benchmark digunakan untuk mengukur keberhasilan pertumbuhan usaha mereka.

Board of Directors

Sebuah grup individu yang memiliki pengaruh, grup tersebut merupakan orang-orang pilihan dari para pemegang saham.

Disruption

Disruption merupakan kepanjangan dari disruptive innovation atau dapat diartikan dengan inovasi yang hadir dan mampu mengacaukan satus quo atau mampu mengacaukan keadaan pasar yang sudah berjalan sebelumnya. Saat ini disruption pada bidang keuangan atau financal technology sudah bermunculan dan membuat beberapa lembaga keuangan harus mengubah dan langsung beradaptasi dengan disruption.

Return of investement (ROI)

ROI merupakan tingkatan pengembalian yang dilakukan perusahaan terhadap dana investor yang sudah ditanamkan ke perusahaan. Biasanya, para investor akan menilai dan memutuskan investasi melihat dari beberapa faktor yang tertera pada laporan keuangan, salah satunya adalah ROI.

microsleep

Kenali Microsleep Saat Berkendara dan Hindarkan dengan Cara Ini

arsip keluarga yang rusak

Restorasi Gratis Arsip Keluarga yang Rusak Akibat Banjir di ANRI