in

Kenali Beda Batuk Pilek dan Flu

Batuk pilek dan flu
Foto: pixabay

Ngobrolin.idBatuk pilek dan flu sekilas merupakan penyakit yang sama. Namun, batuk pilek berasal dari jenis virus yang berbeda dengan penyakit flu. Oleh karena itu, penanganan dan pengobatannya pun akan berbeda.

Penderita batuk pilek biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, tidak enak badan karena pegal-pegal, suara serak, serta tenggorokan gatal atau nyeri tenggorokan.

Gejala ini juga akan diperparah dengan sakit kepala, demam, mata berair, serta berkurangnya daya penciuman dan pengecapan. Terdapat rasa tertekan pada wajah dan telinga, dan penderita akan mengalami nyeri telinga. Penderita batuk pilek juga biasanya akan kehilangan nafsu makan sehingga selera makan menurun.

Gejala ini juga dapat dialami oleh penderita flu. Meskipun demikian, perbedaan yang biasa terjadi antara dua penyakit tersebut sebagai berikut.

Meskipun dapat menderita demam, penderita batuk pilek biasanya jarang mengalami demam. Sementara, penderita flu umumnya selalu mengalami demam. Flu juga bisa menimbulkan nyeri otot yang lebih berat dibandingkan dengan penyakit batuk pilek.

Seringkali, flu menimbulkan nyeri dada yang dirasakan penderita. Sementara, penyakit batuk pilek jarang mengakibatkan gejala tersebut. Kalaupun ada gejala nyeri dada, tidak akan separah jika penderita mengalami flu.

Flu juga seringkali menimbulkan sakit kepala, sedangkan batuk pilek jarang menimbulkan sakit kepala. Gejala bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan lebih sering diderita oleh penderita batuk pilek.

Selain gejala, penyebab batuk pilek dan flu pun berbeda, lho. Batuk pilek disebabkan oleh Human retrovirus atau HRV. Namun selain jenis virus tersebut ada pula jenis virus lain yang bisa menyebabkan batuk pilek. Coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV) adalah virus-virus tersebut.

Sementara, penyakit flu umumnya disebabkan oleh virus influenza. Virus ini pun bermacam-macam dan bisa menyerang unggas dan manusia. Tentu kamu sudah pernah dengar istilah flu burung yang sangat mematikan itu, dong?

Virus-virus itu masuk ke tubuh manusia melalui hidung, mulut, dan bahkan mata. Kita bisa saja tertular virus-virus tersebut ketika sedang berada di tengah keramaian, jika dalam kerumunan terdapat penderita yang sedang sakit flu atau batuk pilek.

Hal ini diperparah apabila sistem kekebalan tubuh kita sedang kurang maksimal. Bisa juga diakibatkan memiliki riwayat penyakit kronis. Usia anak-anak lebih rentan terkena penyakit ini, lho. Selain itu, udara dingin dan merokok juga jadi salah satu faktor.

 

Minuman khas Filipina

6 Minuman Khas Filipina ini Wajib Dicoba!

Grup musik Naif

Naif, Masih Sukses Setelah Lebih dari Dua Dekade