in

Kenali Berbagai Penyebab Kanker Paru-paru

Kenali penyebabnya sedini mungkin

penyebab kanker paru-paru
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Merokok memang menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru di dunia. Kandungan asap rokok yang berbahaya bagi tubuh memicu reaksi sel kanker dalam tubuh. Namun, penyebab penyakit mematikan tersebut tidak hanya karena merokok. Berikut ini beberapa hal yang juga sama berbahayanya dengan merokok bagi kesehatan.

Rokok menjadi penyebab utama kanker paru-paru. Bagaimana tidak, satu batang rokok bisa mengandung lebih dari 60 zat beracun. Zat tersebut antara lain nikotin dan tar. Bahaya dua zat tersebut tercermin dari penggunaan lain zat nikotin, yakni untuk insektisida dan tar untuk pembuatan aspal.

Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kanker paru-paru selain rokok sebagai berikut.

Riwayat keluarga

Riwayat kanker pada keluarga bisa melihat kecenderungan seseorang bisa terserang kanker paru-paru. Selain itu, faktor genetik lain adalah adanya mutasi genetik pada garis keturunan yang menyebabkan orang lebih mudah terserang kanker.

Lingkungan kerja dan tempat tinggal

Lingkungan kerja juga memengaruhi seseorang untuk terpapar berbagai zat pemicu kanker paru-paru. Beberapa zat yang bisa memicu kanker antara lain asbeston dan zat buangan dari diesel. Seseorang bisa menghabiskan 8—12 jam waktu kerja per harinya. Bila orang tersebut bekerja di tempat yang banyak mengandung kedua zat tadi, perlu diwaspadai dampak jangka panjangnya.

Selain lingkungan kerja, lingkungan tempat tinggal yang buruk juga turut menentukan risiko yang mungkin terjadi. Salah satu bahaya yang bisa menyerang adalah ketika seseorang menghirup gas radon, yakni gas yang biasa ditemukan di bangunan tua.

Polusi udara

Tidak bisa dipungkiri bahwa polusi udara juga turut berperan dalam peningkatan risiko kanker pada seseorang. Belum lama ini, Jakarta, ibu kota Indonesia masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara yang sangat buruk. Bukan tidak mungkin hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru, mengingat udara yang dihirup akan disaring dan dimanfaatkan di dalam paru-paru.

Perokok pasif

Tak harus menjadi perokok, orang yang tidak merokok pun berpotensi mengalami kanker paru-paru. Konsumsi asap rokok secara pasif bahkan lebih berbahaya daripada merokok aktif. Penularan asap rokok ini terjadi apabila seorang yang nonperokok sering berada di dekat perokok aktif dalam jangka waktu lama dan terus-menerus.

8 game PS1 yang populer di zamannya

8 Game PS1 yang Populer di Zamannya, Kamu Main yang Mana?

bahaya merokok

Ketahui Bahaya Merokok Bagi Tubuh