in ,

Kenali Burnout yang Sering Dialami Pekerja

kenali gejalanya agar bisa segera diatasi dengan solusi yang tepat

burnout
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pekerjaan memang menjadi sebuah tanggung jawab yang diemban setiap pekerja dan harus diselesaikan dengan baik. Dalam proses pekerjaan tersebut pekerja menuangkan pikiran dan tenaga serta menggunakan hampir separuh harinya. Manusia adalah makhluk hidup yang bisa merasakan lelah, begitu juga dengan pekerja. Jika sudah stres karena pekerjaan menumpuk, bisa saja membawa dirinya ke dalam burnout syndrome.

Dilansir dari hellosehat.com, burnout syndrome adalah kondisi yang dialami pekerja karena stres dengan pekerjaan. Kondisi kesehatan tersebut dikenal juga sebagai occupational burnout atau job burnout.

Kondisi ini dapat ditandai dengan gejala kelelahan. Pekerja merasa cukup lelah, baik fisik maupun emosional akibat pekerjaan yang sedang dilakukan. Atau, bisa disebabkan oleh berbagai macam permasalahan yang timbul di tempat kerja.

Kondisi stres tersebut berlangsung cukup lama sehingga menyita energi pekerja ketika memikirkannya. Stres tersebut akan terakumulasi dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan munculnya burnout.

Ketika kamu sudah merasakan hal ini, kondisi tersebut harus segera diatasi dengan menceritakan isi hati yang kamu rasakan selama ini agar tidak ditahan sendirian, bangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja, lakukan relaksasi untuk menghilangkan stres, atur pola tidur, rekreasi, dan carilah hiburan yang dapat menenangkan pikiranmu.

Burnout dan stres adalah dua hal yang berbeda-beda. Syndrome ini disebabkan oleh stres yang terjadi dalam waktu yang berkepanjangan. Sementara, stres timbul akibat tekanan yang datang dan mengganggu kamu, baik secara mental maupun fisik.

Seseorang yang berada dalam kondisi stres masih dapat membayangkan jika semua permasalahan masih bisa diatasi olehnya sehingga tekanan tersebut dapat hilang di kemudian hari. Sementara, seseorang yang sedang mengalami burnout merasa tidak mampu menyelesaikan tugas, akan merasa lelah secara emosional, merasa hampa, dan tidak tahu apa yang harus ia lakukan.

Jika sudah terjadi begitu parah, jangan ragu-ragu untuk segera membawa diri kamu untuk konsultasi dengan tenaga ahli seperti piskolog. Psikolog dapat membantu kamu untuk bercerita dan memberikan solusi yang terbaik agar kamu bisa cepat keluar dari kondisi ini.

kolesterol di usia muda

Perbaiki Pola Hidup agar Tidak Terkena Kolesterol di Usia Muda

tips melipat jilbab

Tips Melipat Hijab Antilecek Saat Travelling