in

Kenali Ciri-ciri Daging Sapi Segar

kenali daging yang masih segar

daging sapi segar
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Banyak menu masakan Indonesia yang terbuat dari daging sapi segar seperti rendang, semur, dendeng, dan masih banyak lagi. Saat membeli daging, usahakan beli daging sapi segar agar rasanya lebih mantap. Sebab, terkadang ada pedagang yang memanfaatkan momentum tersebut untuk menjual daging yang sudah tidak segar.

Alasan mengaa kamu harus memilih daging segar adalah rasa serta gizinya jauh lebih melimpah dibandingkan daging yang sudah tidak segar. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tanda-tanda daging sapi segar, simak ulasan berikut.

Bau

Daging yang masih segar akan mengeluarkan aroma segar khas seperti sapi serta tidak menusuk hidung. Sementara, daging sapi yang sudah tidak segar memiliki aroma yang cenderung amis, anyir, tengik, dan bahkan masam yang bisa membuat dahi kamu mengernyit.

Tekstur

Daging yang masih segar memiliki tekstur yang padat dan kenyal tetapi tidak kaku. Jika kamu menekannya dengan jari, permukaannya akan kembali seperti semula. Daging yang sudah tidak segar akan terasa lembek jika ditekan serta tidak kembali ke posisi semula. Bahkan, daging dapat hancur saat ditekan. Daging yang tidak segar juga memiliki lendir dan terasa lengket di tangan.

Warnanya

Sudah jelas terlihat daging yang masih segar memiliki warna yang merah cerah segar dan mengilat, tidak pucat serta tidak kotor. Bagian lemaknya bertekstur keras dengan warna putih kekuningan, serta ototnya terlihat berserat halus. Berbeda daging yang sudah tidak segar, warnanya berubah menjadi cokelat kehijauan. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa daging busuk dan harus dibuang.

Penampilan

Penampilan daging segar tampak seperti lembap, warna merah merata dan tidak memiliki noda atau bercak yang tidak wajar. Daging yang tidak segar akan terlihat apek dan kusam. Bahkan, daging tersebut memiliki noda bercak hitam atau putih kehijauan. Bercak tersebut merupakan pertanda ada bakteri. Selain itu, kamu harus mewaspadai daging yang sering dikerubungi lalat karena lalat membawa bibit penyakit yang bisa membahayakan kesehatan.

varian rasa indomie

Varian Rasa Indomie yang Sudah Tidak Ada di Pasaran

cuti bersama idulfitri

Revisi Libur Cuti Bersama Idulfitri 2020