in

Kenali Faktor Risiko Penyakit Asam Urat

Pegal pegal yang sering dan berlebihan, bisa jadi gejalanya.

penyakit asam urat
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Penyakit asam urat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Makanan dengan kandungan purin yang tinggi memiliki risiko untuk menyebabkan penyakit asam urat lebih tinggi ketimbang bahan makanan lain. Namun, bukan berarti makanan menjadi penyebab utama penyakit ini. Mari kenali faktor lain yang bisa memungkinkan seseorang terserang asam urat.

Riwayat keluarga

Meskipun bukan yang utama, penderita sebaiknya memeriksa kembali galur keluarga apakah ada yang menderita penyakit asam urat atau tidak. Jika iya, peluang terkena penyakit yang ini memang lebih besar ketimbang tidak ada anggota keluarga yang terkena asam urat.

Usia dan jenis kelamin

Asam urat cenderung lebih banyak diderita oleh laki-laki daripada perempuan. Meskipun demikian, bukan berarti perempuan tidak bisa terkena penyakit ini. Di sisi lain, penyakit asam urat juga berkolerasi positif terhadap usia. Semakin tua, orang akan lebih rentan terkena asam urat ketimbang orang yang berusia lebih muda.

Berat badan berlebih

Berat badan yang dimaksud bisa dihitung menggunakan perhitungan indeks masa tubuh atau BMI (Body Mass Index). Jika BMI seseorang lebih dari 25 kilogram per meter kuadrat, sebaiknya berhati-hati sebelum terkena asam urat. Oleh karena itu, mari jaga kesehatan dengan tetap menyeimbangkan berat tubuh.

Konsumsi obat

Tak hanya itu, efek samping dari obat juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat. Beberapa obat menjadi pemicu datangnya penyakit ini bagi tubuh. Obat-obat tersebut antara lain aspirin atau penghilang rasa sakit, obat diuretik untuk mengatasi penumpukan cairan, obat kemoterapi untuk pengobatan kanker, dan obat yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Dehidrasi

Kurangnya konsumsi cairan juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan cairan akan membantu tubuh mengeluarkan racun berupa asam urat tersebut dalam bentuk urine. Jika tubuh kekurangan cairan, asam urat akan mengendap dan menjadi kristal.

Riwayat kesehatan

Tak hanya riwayat kesehatan keluarga yang harus ditelisik, riwayat kesehatan diri sendiri juga harus diwaspadai. Penyakit asam urat sangat rentan menyerang orang-orang yang menderita diabetes, gangguan fungsi ginjal, penyakit jantung, pembuluh darah tersumbat, infeksi, hingga tekanan darah tinggi.

Pola hidup tidak sehat

Terakhir, penyakit asam urat juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Terlalu banyak konsumsi purin bisa mengakibatkan produksi asam urat berlebih. Beberapa makanan dengan kandungan purin yang tinggi antara lain daging dan seafood.

Selain makanan, beberapa minuman juga bisa menyebabkan penyakit asam urat. Misalnya minuman beralkohol yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Euphoria Jungkook

Jungkook BTS isi Soundtrack Serial HBO

kafe buku di Jakarta

Baca Buku di Kafe, Intip Lokasinya di Jakarta