in , ,

Kenali Gejala Infeksi Bakteri Listeria dan Cara Mencegahnya

segera kenali gejalanya agar cepat ditangani

gejala infeksi bakteri listeria
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini warga Indonesia dihebohkan dengan berita jamur enoki yang mengandung bakteri listeria. Bakteri ini amat berbahaya bagi mereka yang berdaya tahan tubuh lemah dan ibu hamil. Oleh karena itu, kehadiran bakteri tersebut jamur enoki langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah Indonesia. Kenali gejala infeksi bakteri listeria secepatnya aga segera ditangani.

Jamur enoki yang terindikasi mengandung bakteri listeria berasal dari Korea Selatan dengan nama dagang Green Co. Ltd dan Sung Hong Foods. Jamur ini paling sering dijumpai pada masakan berkuah pedas ala Korea dan Jepang.

Gejala infeksi bakteri listeria adalah sakit kepala, demam tinggi, kehilangan keseimbangan, kebingungan, nyeri otot, leher kaku, dan kejang-kejang. Ibu hamil yang terinfeksi bakteri ini bisa mengalami gejala serupa. Bakteri tersebut bisa berpotensi menyebabkan keguguran.

Tanda-tanda bayi yang baru lahir sudah terinfeksi bakteri listeria adalah tidak nafsu menyusu, rewel, demam, muntah, dan susah bernapas.

Jika kamu sudah mengalami beberapa gejala tadi setelah memakan jamur enoki, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan secepatnya. Infeksi ini masih bisa diatasi sesuai dengan gejala yang dialami dengan anitibiotik.

Gejala tersebut akan muncul setelah satu hingga empat minggu seseorang mengonsumsi jamur yang terkontaminasi bakteri.

Ada beberapa bahan makanan yang berisiko tercemar oleh bakter listeria, di antaranya makanan laut siap saji seperti ikan asap, kerang, tiram, makanan laut mentah, buah dan sayur siap saji, bahan pangan yang tidak segar, daging siap saji yang tidak dimasak ulang seperti sosis, susu tidak dipasteurisasi, saus atau sambal yang digunakan untuk cocolan sayur, serta buah segar yang tidak higienis.

Salah satu tindakan pencegahan yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan bahan makanan dan memasak seluruh bahan masakan dengan benar. Bakteri ini bisa mati dalam suhu panas (75° C), dan bisa berkembang biak pada suhu rendah. Oleh karena itu, jamur enoki yang sudah terkontaminasi oleh bakteri dan disimpan di dalam kulkas bisa menyebabkan bahan pangan lainnya ikut terkontaminasi oleh bakteri listeria.

Pada suhu 4° C atau freezer dengan suhu -18° C akan menyebabkan pertumbuhan bakteri listeria akan terhambat. Jangan terlalu lama menyimpan bahan pangan di dalam kulkas karena hal tersebut dapat menyebabkan semakin banyak peluang listeria untuk berkembang.

Jaga selalu kebersihan kulkas kamu untuk meminimalisir kehadiran bakteri. Selain itu, hindari memakan makanan mentah, terutama untuk ibu hamil, orangtua, dan orang dengan daya tahan tubuh rendah.

jamu enoki

Jamur Enoki, Jamur Favorit yang Kini Sudah Ditarik Peredarannya

masalah dengan teman dekat

Cara Mengatasi Masalah dengan Teman Dekat