in ,

Kenali Gejala Virus Corona Varian Baru

virus corona varian baru
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini Indonesia dikabarkan sudah terinfeksi virus Corona varian baru yang lebih ganas. Setidaknya, ada empat varietas baru yang bermutasi, yaitu varian Inggris (B.1.1.7), India (B.1.6.1.7.), Afrika Selatan (B.1.3.5.1), dan varian (B.1.5.2.5.). Kasus tersebut sudah cukup banyak ditemui di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Nah, biar kamu lebih waspada, kamu perlu mengenali gejala-gejala dari virus Corona varian baru tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

Varian Afrika Selatan Beta (B.1.3.5.1)

Menurut penelitian varian asal Afrika Selatan ini lebih mudah menular dan berpindah inang. Virus ini dihasilkan dari mutasi yang disebut E454K. Mutasi tersebut dapat menerobos sistem kekebalan tubuh manusia sehingga berdampak pada daya tangkal vaksin. Kasus pertama varian ini ditemukan pada 25 Januari 2021 di Bali dan pasien tersebut telah dinyatakan meninggal pada 16 Februari 2021.

Hingga saat ini belum ada laporan terbaru mengenai penambahan kasus akibat varian tersebut. Pasien yang terinfeksi akan mengalami gejala demam, batuk kering, kelelahan, ruam kulit, diare, sakit perut, dan sesak napas.

Varian India Delta (B.1.6.1.7)

Sesuai dengan namanya, varian ini pertama kali terdeteksi di India pada Desember 202. Saat ini setidaknya sudah ada 17 negara yang melaporkan infeksi virus varian ini. Di Indonesia, virus pertama kali terdeteksi pada 3 April 2021 di Jakarta dan Kudus.

Pasien yang terinfeksi virus varian ini akan mengalami gejala mual, diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, pembekuan darah, dan gangrene (kematian jaringan tubuh).

Varian Inggris Alpha (B.1.1.7)

Varian ini muncul pertama kali di Inggris pada Desember 2020 dan sudah menyebar ke beberapa negara lain, termasuk Indonesia. Kasus pertama terkonfirmasi ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pasien yang terinfeksi virus akan mengalami gejala demam, batuk, sulit bernapas, menurunnya fungsi indera pengecap dan penciuman, serta mengalami gangguan pada saluran pencernaan.

Varian B.1.5.2.5

Varian ini sudah terkonfirmasi di Kepulauan Riau. Kabarnya dibawa oleh seorang yang habis melakukan perjalanan dari Malaysia. Namun, saat ini pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh. Pasien yang terinfeksi akan mengalami gejala batuk kering, kelelahan, diare, sakit perut, demam, dan sesak napas.

Tersanjung the Series

Tersanjung The Series, Series Baru Lainnya yang Ditunggu-tunggu

17 Selamanya

Drama Web Series Terbaru yang Bakal Tayang