in

Kenali Jamur Hitam yang Telah Menewaskan Ribuan Orang di India

jamur hitam
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Jamur hitam merupakan penyakit yang dapat menyerang tubuh dengan cepat dan sudah membunuh hampir 4.500 orang di India. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang sudah sembuh dari COVID-19 dan berakibat fatal jika tidak diobati tepat waktu.  Penyakit ini juga disebut dengan nama mucoormycosis.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi infeksi jamur hitam yang terdeteksi pada mantan pasien COVID-19. Orang yang menjalani terapi oksigen di ICU lebih berisiko terkena infeksi jamur hitam karena sering terpapar kelembapan. Oleh karena itu, dianjurkan menggunakan air steril untuk terapi oksigen.

Selain itu, mantan penyintas COVID-19 yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, penggunaan steroid berlebihan, terapi vorikonazol, dan diabetes tidak terkontrol juga berisiko terinfeksi jamur hitam.

Penyakit ini muncul melalui kontak dengan spora atau elemen jamur dari lingkungan tanah, bahan organik yang membusuk seperti daun, tumpukan kompos, dan kotoran hewan.

Gejala penyakit jamur hitam yang harus diwaspadai di antaranya perubahan warna pada jaringan mulut, lidah, gusi, hidung tersumbat, pembengkakan wajah, berat di bawah mata, merasa tidak nyaman, demam, dan sakit kepala.

Penyakit ini masih bisa dicegah dengan rajin menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi dan tidak memasukkan barang asing ke mulut secara sembarangan. Berikut ini langkah-langkah untuk mencegah penyakit jamur hitam.

Rajin sikat gigi

Bersihkan mulut kamu dengan menyikat gigi sebanyak dua hingga tiga kali sehari dan melakukan pembersihan mulut secara rutin.

Bilas mulut

Mantan penyintas COVID-19 perlu menjaga kebersihan mulut untuk melindungi diri dari efek penyakit. Selain menyikat gigi, kamu juga perlu berkumur-kumur secara teratur.

Disinfeksi sikat gigi dan pembersih lidah

Jangan pernah menyimpan sikat gigi sembarangan karena bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika kamu mantan penyintas COVID-19. Simpan sikat gigi di tempat yang bersih dan kering. Selain itu, bersihkan sikat dan pembersih lidah secara rutin dengan menggunakan obat kumur antiseptik.

 

 

me time

Tanda-tanda Kamu Sudah Butuh Me Time

film buatan komika

Sinopsis Cek Toko Sebelah The Series