in

Kenali Jenis Dimsum, Mana Favoritmu?

Makan dimsum, pilih-pilih dulu kesukaanmu.

jenis dimsum
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Ngomongin dimsum bisa bikin liur menetes. Siapa yang nggak ngiler dengan kelezatan panganan yang satu ini? Beragam jenis dimsum banyak dijajakan di Indonesia, dari restoran ternama sampai pinggir jalan. Aromanya yang tercium dari kejauhan langsung bisa menggugah selera.

Har gow/hakau

jenis dimsum
Foto: pixabay

Isinya udang dan berwarna putih, kamu pasti familier dengan dimsum yang satu ini. Har gow atau hakau terbuat dari udang yang dicacah dan dibungkus dengan kulit pangsit berwarna transparan dan mengilat. Kebayang dong, perpaduan kulit yang lembut dan udang yang kenyal. Yummy!

Shumai

jenis dimsum
Foto: instagram thedimsumco

Di Indonesia, shumai lebih populer dengan ejaan siomay. Panganan ini merupakan daging yang dibungkus dengan kulit, tapi kulit yang digunakan lebih tebal daripada kulit har gow. Di negara asalnya, shumai dikenal dengan isian daging babi. Namun kini, sudah banyak shumai yang dibuat dari daging ikan, udang, atau ayam. Ciri utama shumai adalah telur kepiting di atasnya.

Spring roll

jenis dimsum
Foto: freepik

Berbeda dari dimsum lainnya, spring roll disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu. Di Indonesia, dimsum yang satu ini juga dikenal dengan nama lumpia. Tekstur kulitnya yang renyah membuat spring roll punya fans tersendiri bagi penyuka dimsum.

Mantau

jenis dimsum
Foto: mantaufya_balikpapan

Putih dan lembut, mantau selalu jadi idola dalam penyajian dimsum. Mantau memiliki tekstur yang sama persis seperti bapau, begitu pula dengan penampakannya. Hanya saja, tidak seperti bapau yang disajikan dengan berbagai isian, mantau tidak berisi apa pun. Penyajiannya bisa dikukus dan digoreng, kemudian dicocol dengan krimer kental manis.

Tofu skin roll

jenis dimsum
Foto: instagram fattysuna

Pembeda utama tofu skin roll dengan jenis dimsum lainya terletak pada kulitnya. Alih-alih menggunakan adonan tepung seperti dimsum kebanyakan, tofu skin roll menggunakan tahu sebagai pembungkusnya. Rasanya yang gurih dan khas membuat tofu skin roll banyak diburu penyuka dimsum.

Char siu bao

jenis dimsum
Foto: instagram hannah_chia

Dimsum yang satu ini juga mirip dengan bapau. Hanya saja, ukurannya lebih kecil daripada bapau yang biasa kita temukan di pasaran. Isian utama char siu bao adalah daging babi. Namun kini, ada banyak jenis isian dimsum ini dan menyesuaikan pasar Indonesia.

 

sneaker ramah lingkungan

Finlandia Buat Sneaker Ramah Lingkungan dari Ampas Kopi

anak berbohong

Stop Anak Berbohong! Lakukan Hal Ini Moms