in

Kenali Jenis Suara Perempuan, Kamu yang Mana?

Beragam jenis suara bisa menghasilkan jenis nada yang berbeda-beda lho

jenis suara perempuan
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pasti pernah merasa, dong, kalau tiap orang punya karakter suara yang berbeda-beda? Mulai dari suara berat khas bapak-bapak sampai suara nyaring anak-anak. Seperti manusia umumnya, jenis suara perempuan pun ternyata beragam, lho. Tak heran bila banyak penyanyi wanita populer dengan ciri khasnya masing-masing.

Contralto

Apakah kamu salah satu penggemar dari diva pop dunia, Lady Gaga? Penyanyi nyentrik yang satu ini ternyata punya jenis suara contralto, lho. Jenis suara perempuan ini bisa dikenali dengan ciri suara yang rendah.

Jenis suara contralto memungkinkan pemiliknya menghasilkan suara yang tebal dan berat. Tak hanya Lady Gaga, penyanyi kelas dunia yang juga punya tipe suara ini adalah Beyonce dan Adele.

Alto

Karakter suara perempuan berikutnya adalah alto. Jenis suara alto lebih tinggi daripada jenis suara contralto. Tekstur suaranya cenderung ringan, bening, dan nyaring. Biasanya, perempuan yang memiliki suara ini memiliki ambang batas yang rendah.

Karakteristik suara alto banyak dimiliki oleh penyanyi Indonesia, lho. Sebut saja diva musik Krisdayanti dan Ruth Sahanaya, keduanya memiliki tipe suara alto. Belum lagi penyanyi muda seperti Fatin dan musisi indie Danilla Riyadi.

Mezzo-Soprano

Tipe suara mezzo-soprano dimiliki oleh penyanyi Indonesia, Agnez Mo. Penyanyi yang satu ini memang terkenal bisa melengkingkan suaranya namun masih terdengar sangat merdu pada lagu-lagunya. Apakah kamu salah satunya?

Jenis suara mezzo-soprano memiliki ciri khas bening, ringan, dan cukup melengking. Orang-orang dengan suara mezzo-soprano juga banyak berkarier pada opera-opera.

Soprano

Jenis suara yang satu ini terdengar memiliki nada suara yang lebih tinggi ketimbang lainnya. Tak heran, sebab soprano sendiri dalam bahasa vokal bermakna ‘sangat tinggi sekali’. Jika selama ini kamu merasa suaramu sangat nyaring dan tinggi, mungkin jenis suaramu adalah sopran.

Ciri khas jenis suara soprano adalah suara yang super tipis serta melengking. Nama-nama besar seperti Mariah Carey dan Christina Aguilera memiliki karakter suara soprano. Di Indonesia, suara sopran Soimah akan langsung mengingatkanmu pada aksi panggungnya yang penuh komedi.

Pasangan komplain

4 Cara Hadapi Pasangan Komplain Melulu

Es puter

Es Puter, Apa Bedanya dengan Es Krim?