in ,

Kenali Lagi Yuk Alat Musik Tradisional

Beragam alat musik dari Sumatera sampai Papua, semuanya punya ciri khas.

alat musik tradisional
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Indonesia sangat kaya dengan berbagai alat musik tradisional. Tersebar dari ujung Sumatera hingga ujung Papua, dari bagian paling selatan hingga paling utara, ini dia alat musik tradisional yang harus kamu tahu.

Sasando

Alat musik yang satu ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Sasando terbuat dari bambu. Ia biasa digunakan untuk mengiringi berbagai tarian tradisional. Selain itu, sasando juga digunakan saat ada pernikahan dan hiburan dalam acara duka.

Jalappa

Jalappa terbuat dari logam kuningan, berbentuk lingkaran cekung seperti gong. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Selatan. Jalappa digunakan sebagai musik pengiring saat upacara adat tertentu. Misalnya, saat upacara pemberian sesaji dan tolak bala.

Tifa

Pasti sudah pernah dong nama alat musik tradisional yang satu ini? Tifa berasal dari wilayah timur Indonesia, Papua. Tifa terbuat dari batang kayu. Bagian yang dipukul biasanya terbuat dari kulit rusa. Tifa biasa digunakan sebagai pengiring dalam tari perang, tari lenso, dan tari gatsi.

Bangsi alas

Kali ini, yuk ikut tim Ngobrolin.id melesat ke ujung barat Indonesia. Di Aceh, ada satu alat musik yang bernama bangsi alas. Bentuk alat musik ini mirip dengan seruling dan sama-sama terbuat dari bambu. Biasanya, bangsi alas digunakan dalam musik pengiring tarian landok alun.

Jatung utang

Berasal dari Kalimantan Timur, alat musik yang satu ini biasa digunakan dalam musik pengiring berbagai upacara adat. Selain itu, jatung utang juga digunakan ketika ada tarian suku Dayak Kenyah. Jatung utang terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul.

Genggong

Genggong berasal dari pulau sebelah barat Pulau Jawa, Bali. Genggong dibuat dari pohon enau. Alat musik ini biasa digunakan sebagai pengiring pertunjukan berbagai kegiatan seni dan acara adat. Genggong dibunyikan dengan cara ditiup seperti harmonika.

Saluang

Alat musik ini dibunyikan dengan cara ditiup seperti memainkan seruling. Saluang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Burdah

Burdah juga biasa disebut sebagai gendang oku. Kamu bisa menjumpai alat musik ini jika berkunjung ke Sumatera Selatan. Burdah terbuat dari bahan kulit binatang atau kayu. Cara memainkannya dengan cara dipukul seperti memainkan rebana.

Gamelan

Musik yang berasal dari gamelan sudah mendunia, lho. Gamelan sendiri diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO, lho.  Gamelan berasal dari daerah Jawa, Lombok, Bali, dan Madura.

mengatasi eczema pada bayi

Cara Sederhana Mengatasi Eczema Pada Bayi

Endah N Rhesa

Duo Endah N Rhesa, Sudah Dengar Lagu Mereka?