in ,

Kenali Lebih Jauh Spaghetti Carbonara

spaghetti yang disukai banyak orang

spaghetti carbonara
foto: pexels

Ngobrolin.id — Salah satu menu spaghetti yang digemari karena cocok oleh lidah orang Indonesia adalah spaghetti carbonara yang berasal dari Roma, Italia. Berbeda dengan bolognese atau saus tomat, menu spaghetti ini tidak berwarna merah. Menu spaghetti ini memberikan aroma yang sangat khas dan mampu membangkitkan selera makan.

Di luar Italia, menu spaghetti carbonara sering dianggap sebagai pasta dan disajikan dengan ham beserta saus krim.

Namun, di negara asalnya, saus spaghetti carbonara terbuat dari pancetta, bawang putih, telur kocok, dan keju parmesan yang sudah diparut. Dalam saus tersebut diberikan campuran bawang, cabai, dan kacang polong. Ketiga bahan tersebut berfungsi untuk menambahkan sensasi dalam menu tersebut. Sementara itu, kacang polong berguna untuk mengalihkan sedikit rasa krim.

Bawang putih yang digunakan dapat membuat saus menjadi terasa lebih kuat. Biasanya, agar  aroma bawang putih tidak terlalu kuat, bawang dimasak terlebih dahulu bersama daging. Selain itu, mereka juga sering menggunakan mentega cair, parutan pala, atau lada hitam yang bisa memberikan nuansa makanan khas Romawi Kuno.

Di Italia, menu ini sering disajikan untuk masyarakat pedesaan yang sederhana. Karena bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan serta cara pengolahannya sederhana. Bahan utama yang harus dimiliki hanyalah pancetta atau daging asap, telur, keju, dan lada hitam. Orang Italia tidak memasak carbonara dengan krim dalam pembuatan sausnya. Tekstur krim didapat dari telur kocok yang dicampurkan dengan pasta yang masih panas tanpa dimasak di atas wajan.

Kunci keberhasilan pembuatan carbonara yang lezat adalah pemilihan bahannya. Daging yang biasa digunakan untuk membuat spaghetti carbonara adalah guanciale atau pancetta. Guanciale terbuat dari pork cheeks, sedangkan pancetta terbuat dari pork belly meat. Di beberapa negara, menu carbonara disajikan bersama daging babi yang sudah dimasak dengan white wine.

Di Indonesia yang warganya mayoritas muslim, penggunaan daging babi bisa diganti dengan daging sapi segar ataupun daging olahan lainnya, seperti smoked beef.

Keju yang biasa digunakan orang Italia untuk membuat carbonara adalah parmigiano-reggiano atau pecorino romano. Parmigiano-reggiano lebih dikenal dengan keju parmesan, sedangkan pecorino romano merupakan keju asin khas Italia. Namun, kamu masih bisa membuat menu ini dengan keju cheddar atau keju lokal yang rasanya lebih asin.

film drama jadul

Film Drama Jadul Barat yang Bagus Versi IMDb

membeli baju online

Tips Membeli Baju Secara Online Agar Tidak Menyesal