in , ,

Kenali Lebih Jauh Vaksin Covid-19 yang Baru Saja Tiba di Indonesia

kabar baik untuk kalian semua

vaksin covid-19
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Seluruh portal media online mengabarkan vaksin Covid-19 baru saja mendarat di Indonesia pada Minggu (6/12) pukul 21:20 WIB. Vaksin tersebut menjadi salah satu upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang masih belum terkendali di Indonesia.

Total vaksin yang sudah sampai di Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis dan merupakan vaksin buatan Sinovac. Vaksin tersebut sudah diuji klinis di Indonesia sejak Agustus 2020. Pemerintah masih akan mengupayakan mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin pada awal 2021 mendatang.

Pemerintah juga berencana akan mendatangkan vaksin dalam bentuk bahan baku curah sebanyak 15 juta dosis vaksin pada Desember 2020 dan 30 juta dosis pada 2021.

Meskipun vaksin sudah mendarat dan sudah diuji klinis di Indonesia, vaksin tersebut tidak bisa langsung digunakan karena harus melewati tahap pemeriksaan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Vaksin Covid-19 diangkut dengan kontainer khusus yang bertuliskan Envirotainer dan berkode RAP81179PC. Sesampainya di bandara, kontainer tersebut langsung disemprot disinfektan untuk menjaga kondisi kebersihan alat pengangkut vaksin. Environtainer merupakan kontainer yang sudah dilengkapi dengan pengaturan suhu dan memang dikhususkan untuk pengangkutan barang lewat udara.

PT Garuda Indonesia, Tbk menjadi maskapai yang mengangkut vaksin tersebut. Pesawat yang digunakan berjenis Boeing 777-3000ER dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Pengujian klinis vaksin Sinovac sudah sampai tahap ketiga di Bandung, Jawa Barat. Pengujian ini melibatkan beberapa tim dari Universitas Padjajaran dan Bio Farma. Dilansir dari nasional.kompas.com, Kepala BPOM Penny Lukito menyatakan uji klinis di Bandung berjalan dengan baik.

Selain vaksin Sinovac, Indonesia juga sudah menetapkan lima jenis vaksin lainnya yang akan digunakan, di antaranya Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Pfizer Inc.

Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang dibuat oleh Sinovac Biotech, perusahaan asal Cina. Selain Indonesia, vaksin ini juga sudah diuji coba di Bangladesh dan Brasil. Vaksin ini menggunakan versi noninfeksi dari virus corona yang dapat memicu respons imun tubuh sehingga imun lebih kebal terhadap virus tersebut.

lontong sayur

Ragam Menu Lontong Sayur yang Wajib Kamu Coba

weekly

Weekly, Pemenang Best New Female Artist MAMA 2020