in

Kenali Manfaat Ampas Teh yang Sering Diabaikan

ternyata meskipun ampas, ampas teh punya banyak manfaat

manfaat ampas teh
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Teh merupakan hidangan minuman wajib bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan, komposisi teh di setiap daerah berbeda-beda sesuai dengan selera. Biasanya, orang-orang hanya menikmati air seduhan daun teh kering, masih sedikit yang memanfaatkan ampas teh yang sebenarnya memiliki khasiat. Simak ulasan manfaat ampas teh yang sering diabaikan.

Lulur tubuh

Ampas teh bisa digunakan sebagai lulur tubuh. Ampas teh yang akan digunakan untuk lulur didiamkan selama 1 malam dan tutup rapat tempat penyimpanan untuk menjaga ampas jangan sampai terkena kotoran. Keesokan harinya, gunakan ampas sedikit demi sedikit, lalu balurkan ke sekujur tubuh. Diamkan sebentar hingga lulur meresap sembari dipijat ke sekujur tubuh untuk membuang kulit mati.

Hilangkan bau amis pada alat masak

Terkadang alat masak yang habis digunakan untuk memasak bahan masakan seperti daging dan ikan, susah untuk dihilangkan bau amisnya dan masih tercium saat akan digunakan kembali. Kamu bisa menghilangkan bau amis tersebut menggunakan ampas teh.

Pertama-tama, rebus ampas daun teh ke dalam wajan atau alat masak yang abu amis. Lalu, diamkan selama 20 menit, bau amis atau aroma yang tidak sedap akan meresap ke dalam daun teh.

Hilangkan kantong mata

Bagi para deadliners yang sering begadang, pasti masalah utamanya adalah kantong mata yang bikin kamu gak percaya diri. Ternyata, teh yang mengandung anti-oksidan dan tanin dapat mengurangi kantong mata kamu yang tebal. Caranya mudah, masukkan dua kantong teh hijau ke kulkas selama 30 menit. Setelah itu, keluarkan dan letakkan di kelopak mata kamu selama 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin hingga kantong mata mengempes.

Mengobati bisul

Kehadiran bisul di salah satu area badan bikin ganggu hari-hari kamu, ya. Kamu bisa mengempeskan bisul dengan cara dikompres menggunakan ampas teh selama 15 menit hingga ampasnya mengering. Lakukan cara ini dengan rutin hingga bisul kamu menghilang.

Membuat rambut lebat dan sehat

Ampas teh hijau ternyata bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut kamu yang sering rontok. Selain itu, penggunaan teh menjadi masker rambut bisa mencegah kulit kepala kering dan ketombe.

 

 

kuaci

Kuaci, Makanan Hamtaro yang Bermanfaat

honne

Lagu Honne yang Wajib Ada di Playlist Kamu