in ,

Kenali Manfaat Minyak Argan untuk Kepala dan Rambut

manfaat minyak argan
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Beragam manfaat minyak argan mulai banyak dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan. Salah satunya untuk menyehatkan bagian kepala dan rambut. Berasal dari biji pohon argan, yuk simak apa saja manfaat dari minyak argan ini.

Menjaga kelembapan

Kulit kepala yang lembap merupakan salah satu ciri rambut sehat dan terawat. Minyak argan bisa menjadikan kulit kepalamu menjadi lebih lembap, lho. Hal ini karena kandungan asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya bisa melapisi kulit kepala bagian terluar batang rambut (kutikula).

Rambut jadi sehat

Kandungan minyak argan sangat kaya dan beragam. Mulai dari vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil yang berperan sebagai anti-oksidan. Dengan banyaknya zat bermanfaat tersebut, tentu saja baik untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dengan cara melindungi kulit, menekan proses peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Rambut halus, berkilau, dan mudah diatur

Minyak argan berfungsi sebagai conditioner bagi rambut dan kulit kepala. Jika menggunakan minyak argan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang berkilau, halus, serta lebih mudah diatur. Minyak argan dapat juga digunakan untuk mengatasi rambut kusut. Tertarik mencoba?

Rambut rusak? Tenang

Tidak hanya mempertahankan rambut yang sudah sehat, minyak argan juga bisa memperbaiki rambut yang rusak. Kerusakan pada rambut ini bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari panas yang berlebihan hingga penggunaan zat kimia. Salah satunya saat rambut diwarnai, protein rambut pun jadi lebih mudah rusak.

Kandungan dalam minyak argan berupa asam linoleat dan asam oleat bisa mengurangi jumlah protein yang rusak. Minyak argan juga bisa melindungi rambut dari porses heat styling dengan cara melapisi batang rambut yang akan dipanaskan.

Tak hanya itu, minyak argan juga bisa digunakan untuk mengurangi rambut bercabang. Gejala kerusakan yang lain seperti rambut yang mudah patah hingga rambut yang menipis bisa menjadi lebih tebal dan lebih sehat.

Atasi kerontokan

Manfaat minyak argan yang tak kalah ampuh juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan. Dikenal dengan kandungan vitamin E yang tinggi, minyak argan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat struktur rambut yang rapuh.

makanan tradisional berbahan pisang

Camilan Tradisional dari Pisang, Awas Ketagihan

varian kroket

Varian Kroket di Mancanegara, Ternyata Terkenal!