in

Kenali Microsleep Saat Berkendara dan Hindarkan dengan Cara Ini

Kenali gejalanya agar tidak membahayakan diri kamu

microsleep
foto: unsplash

Ngobrolin.idMicrosleep merupakan fenomena di saat kamu tiba-tiba jatuh tertidur dalam waktu yang singkat. Fenomena ini sering terjadi pada seseorang yang sedang beraktivitas seperti berkendara dan mereka tidak menyadari bahwa mereka jatuh tertidur, walaupun hanya sekejap saat mengemudikan kendaraan. Bahaya sekali jika hal ini terjadi.

Fenomena microsleep umumnya berlangsung dalam kurun waktu satu hingga dua menit. Namun, pada kasus beberapa orang, microsleep akan berlangsung lama jika ia benar-benar tertidur. Kejadian ini biasanya terjadi karena tubuh kamu merasa terlalu lelah dan sangat mengantuk. Selain itu, jam tidur yang berantakan menyebabkan kamu mengalami kurang tidur dapat menjadi pemicu microsleep.

Terlebih lagi, saat berkendara kamu cenderung melakukan hal yang monoton, yaitu hanya mengemudikan kendaraan dan fokus melihat jalan yang ada di depan. Kondisi ini juga berlangsung saat mata terbuka dan pandangan kosong.

Keadaan akan sangat berbahaya saat kamu sedang mengendarai kendaraan dalam kecepatan tinggi ataupun kecepatan sedang. Kamu tidak akan sadar walaupun dalam waktu singkat, tingkat bahaya akan tetap sama.

Kamu dapat mengatasi microsleep dengan cara mengatur pola tidur. Tidur cukup sehari selama 7 hingga 9 jam. Saat kamu sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya menepi dahulu.

Cari tempat yang nyaman untuk memulihkan energi kamu dengan cara makan dan minum atau stretching untuk meregangkan otot-otot di badan kamu. Tempat yang paling enak untuk berhenti adalah warung untuk membeli minuman dan makanan, atau mampir ke pom bensin untuk mencuci muka. Cuci mukanya ke kamar mandi umum yang ada di pom bensin, ya! Jangan cuci muka dengan bensin.

Meminum kopi juga dapat membantu kamu untuk tetap terjaga saat berkendara. Lakukan aktivitas lain, misalnya jika kamu berkendara berdua dengan teman, ajak ngobrol. Atau, kamu dapat memutar lagu yang memiliki tempo cepat.

Jika kamu merasa kurang tidur, hindari berkendara dalam jarak jauh seorang diri pada malam hari. Sebaiknya, jangan memaksakan diri, jika tidak mau terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Keselamatan adalah yang utama.

 

 

musik indie

Kenalan Lebih Jauh dengan Maksud ‘Musik Indie’ agar Tidak Salah Arti

startup

Kenali Beberapa Istilah yang Sering Digunakan Perusahaan Startup