in

Kenali Tanda Atasan Tidak Puas, Saatnya Introspeksi

Wah, harus gimana nih!

tanda atasan tidak puas
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Memasuki akhir tahun, kantor tentu melakukan evaluasi besar-besaran. Termasuk salah satunya adalah dengan mengevaluasi kinerja karyawan. Bos yang biasanya diam seperti es batu kini mulai banyak tanya, begitu pula dengan rekan kerja yang tiba-tiba jadi rajin. Sebenarnya, apakah hal tersebut ada hubungannya dengan tanda atasan tidak puas dengan kinerja kita? Yuk, cari tahu.

Saat bekerja, kamu tentu mengalami naik dan turun. Namanya juga manusia, pasti ada saja masalah yang dihadapi dan datang silih berganti. Tak jarang, hal tersebut mengakibatkan performa kamu dan teman-temanmu menurun.

Walaupun tidak dipanggil secara langsung, ada beberapa tanda atasan tidak puas, lho. Terlebih ketika akan ada evaluasi besar-besaran dari kantor, atasanmu biasanya akan melakukan hal ini.

Pertama, ia akan mencari tahu  apa yang kamu lakukan selama jam kantor berlangsung. Bisa dengan tiba-tiba bertanya di tengah kesibukanmu, sampai menyempatkan waktu untuk mengunjungi langsung. Wow!

Selain itu, rasa kecewa akan ditunjukkan dengan tidak mengapresiasi yang kamu lakukan. Yang paling kentara adalah ketika sedang meeting untuk mengambil keputusan, saran darimu adalah angin lalu. Wah, apakah ada yang salah dengan kinerjamu?

Tahap berikutnya akan lebih tidak mengenakkan. Kamu tidak akan dilibatkan lagi dalam mengambil keputusan. Jika sudah sampai di tahap ini, Tim Ngobrolin sarankan kamu segera mencari tahu penyebabnya. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki performa kinerjamu.

Tanda lain adalah jika kamu mulai tidak digubris dalam banyak hal, termasuk dalam promosi jabatan. Terdengar sepele, tetapi bila atasanmu tidak memberikan treatment yang seharusnya diberikan perusahaan seperti tugas penting atau pelatihan, bisa jadi karena ia menganggap selama ini kinerjamu kurang berarti.

Lantas, apa yang harus dilakukan?

Langkah pertama jelas memperbaiki kinerja. Lakukan job desc sesuai dengan persyaratan yang tertera di kontrak kerjamu. Jangan coba-coba cheating, ya. Bahkan jika perlu, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja lebih baik dari yang ia harapkan. Sudah siap banting tulang?

Jika hal tersebut tak juga memberikan hasil positif, kamu bisa mulai berinisiatif dengan bertanya langsung tentang kesalahan yang kamu buat. Namun, pastikan, langkah pertama sudah kamu lakukan dengan baik, ya. Selamat mencoba, semoga kariermu semakin maju dan berkembang, guys!

toilet umum layak

Memastikan Toilet Umum Layak Guna

penyakit akibat asap kebakaran hutan

Penyakit Ini Bisa Timbul Karena Asap Kebakaran Hutan