in

Kenali Tanda-tanda WhatsApp Diretas

sedang marak kasus peretasan whatsapp

whatsapp di retas
foto: pixabay

Ngobrolin.id — WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang paling sering digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pengguna hariannya mencapai 1,5 miliar orang dan berasal dari berbagai kalangan, dari orang biasa hingga perusahaan menggunakan aplikasi chatting ini. Namun, beberapa waktu ini viral berita beberapa pengguna WhatsApp diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Banyaknya pengguna WhatsApp menarik perhatian para peretas untuk mencuri data pribadi akun pengguna untuk disalahgunakan. Tindakan mereka ini sudah sangat merugikan pengguna WhatsApp. Para pelaku memanfaatkan celah keamanan yang tidak begitu ketat untuk mendapatkan akses akun korban.

Setiap bulannya, di Indonesia terdapat ribuan kasus upaya peretasan WhatsApp. Kamu, sebagai salah satu penggguna WhatsApp harus lebih berhati-hati agar akunmu tidak diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan akan merugikan kamu. Oleh karena itu, kamu harus mewaspadai tanda-tanda aneh yang bisa mengindikasikan WhatsApp kamu sedang diretas. Berikut ini beberapa tanda WhastApp diretas.

Chat WhatsApp terbaca secara otomatis

Tanda ini paling mudah untuk ditemui. Namun, beberapa pengguna tidak mengaktifkan tanda baca sehingga tanda ini tidak bisa ditemukan oleh pengguna yang mematikan tanda baca.

Ada notifikasi verifikasi nomor HP

Jika tiba-tiba muncul notifikasi verifikasi dengan dua pilihan permintaan, yaitu ‘Verify’ dan ‘OK’, kamu sebaiknya mengklik ‘Verify’ untuk melakukan verifikasi. WhatsApp akan meminta kamu untuk memasukkan nomor telepon dan mengirim kode OTP melalui SMS ke kamu untuk masuk ke aplikasi. Jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapa pun. Setelah proses verifikasi selesai, akan muncul pilihan ‘Agree and Continue’, saat itu tampilan WhatsApp kamu akan kembali seperti baru diinstal.

Jika kamu memilih pilihan ‘OK’, akunmu akan langsung berpindah tangan. Oleh karena itu, jangan pernah memilih opsi ‘OK’.

Tiba-tiba logout

Akun yang sedang diretas biasanya tiba-tiba akan keluar sendiri karena WhatsApp bukanlah media sosial yang bisa diakses oleh multiple login. Jika tiba-tiba terjadi pada kamu, segera langsung masuk untuk mendahului peretas sebelum masuk ke akunmu.

Konsumsi data meningkat tinggi

Tanda WhatsApp yang sedang diretas adalah lonjakan penggunaan data internet yang berubah menjadi tidak wajar. Hal tersebut dikarenakan akitivitas upload data secara otomatis yang dilakukan dari aplikasi yang digunakan oleh peretas. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perhatikan riwayat penggunaan data internet untuk meninjau aktivitas asing.

shalat idulfitri di rumah

Fatwa MUI tentang Pelaksanaan Shalat Idulfitri di Rumah

idulfitri

Hal-hal yang Dirindukan Saat Perayaan IdulFitri