in

Kenali Tanda Tsunami, Waspada Sebelum Terlambat

Tanda-tanda tsunami biasanya sudah bisa terlihat sebelum bencana datang

tanda tsunami
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebagai negara dengan cincin api terbesar di dunia, Indonesia sangat rawan mengalami gempa bumi. Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi negara tempat bertemunya beberapa lempeng tektonik. Gempa bumi yang sangat besar tentu bisa memicu tsunami. Yuk, kenali tanda tsunami untuk mengantisipasi bahayanya!

Gempa dengan kekuatan tinggi

Meskipun bukan tanda utama, sebagian besar tsunami yang terjadi di dunia ini diawali oleh gempa bumi yang dahsyat. Gempa yang memiliki kekuatan hingga di atas 7,0 skala richter sangat mungkin menimbulkan tsunami. Gempa ini pun bisa diakibatkan oleh letusan gunung api ataupun gempa teknonik akibat bertemunya dua lempeng bumi.

Air laut surut

Jika kamu sedang berada di pesisir pantai dan terjadi gempa, sebaiknya segera hindari daerah pantai tersebut. Salah satu tanda tsunami yang banyak terjadi adalah air laut akan surut terlebih dahulu. Surutnya air laut ini berbeda dengan pola pasang surut akibat gravitasi bulan. Air ini tertarik ke tengah laut, untuk kemudian membentuk gelombang dengan ketinggian, kecepatan, dan kekuatan yang sangat hebat.

Suara menggelegar

Suara ini dihasilkan dari gelombang yang berpacu menyerbu daratan. Suara gemuruh yang sangat keras dan menggelegar akan datang dari arah bibir pantai. Tak lama, suara ini akan disusul oleh kemunculan gelombang yang sangat tinggi dengan kecepatan penuh.

Gempa susulan

Gempa susulan umumnya akan terjadi ketika gempa utama memicu datangnya tsunami. Gempa yang terjadi berikutnya ini tidak sedahsyat gempa pertama, tapi bisa juga terjadi dengan kekuatan yang sama. Jika sudah ada tanda tsunami ini, sebaiknya kamu segera waspada dan menuju tempat yang tinggi seperti perbukitan.

Perhatikan tingkah laku hewan

Di beberapa daerah yang pernah terjadi tsunami, tanda tsunami sebelumnya sudah ditunjukkan oleh hewan-hewan yang berperilaku tidak wajar. Umumnya, burung-burung akan pergi menjauhi daratan menuju tengah laut atau menuju pulau lain.

Gelombang elektromagnetik

Saat tsunami datang, akan muncul pula gelombang elektromagnetik yang mengiringinya. Gelombang ini mengakibatkan awan yang berubah menjadi gelap dan mendung. Kadang, tornado dan angin juga menyertai tsunami. Selain itu, gelombang ini mengakibatkan listrik mendadak mati atau nyala secara mendadak.

fakta film Gundala

5 Fakta Film Gundala yang Bakal Bikin Kamu Tercengang

cincin api pasifik

Mengenal Ring of Fire, si Cincin Api Pasifik