in ,

Kenapa Amerika Serikat Disebut Negeri Paman Sam?

oh ternyata ini alasannya

paman sam
foto: pixabay

Ngoborlin.id — Nama Paman Sam sangat lekat dengan Amerika Serikat. Tapi, pernah tidak terbesit dalam pikiran kamu kenapa negara tersebut mendapatkan julukan Paman Sam? Apakah sang paman merupakan tokoh nyata atau ada maksud lain dari nama sebutan tersebut?

Nama Uncle Sam berasal dari seorang pedagang dari Tray, New York. Pedagang tersebut bernama Samuel Wilson. Uncle Sam tersebut memberikan tanda pada daging yang dikirim ke pelanggannya dengan stempel ‘U.S’ yang merupakan singkatan dari United States. Namun, para prajurit mengartikan singkatan tersebut dengan Uncle Sam.

Samuel Wilson merupakan veteran militer yang banting stir menjadi pengusaha daging kemasan yang dikirim ke prajurit. Karena singkatan nama Uncle Sam dengan United States sama, banyak tentara yang menjadikan candaan bahwa, US merupakan singkatan nama sang paman.

Setelah itu, nama Uncle Sam semakin populer dan pada 1840—1902 lahir tokoh kartun politik yang mengenalkan figur Paman Sam. Tokoh kartun tersebut dikenalkan oleh Thomas Nast.

Paman Sam adalah tokoh kartun yang berambut putih panjang, berjanggut, mengenakan mantel, rompi, topi bundar yang tinggi, dan celana panjang bermotif garis-garis.

Selama Perang Dunia I, tokoh Uncle Sam digambarkan melalui sebuah poster sebagai lelaki yang mengenakan topi menjulang ke atas dengan jaket biru dengan pose menunjuk kepada setiap penduduk yang melihatnya. Poster tersebut juga disertai dengan tulisan “I Want You For The U.S Army”.

Tokoh tersebut semakin terkenal saat digambarkan kembali oleh Flagg menjadi sampul majalah Leslie’s Weekly pada Juli 1916.

Amerika Serikat mendapatkan julukan Negeri Paman Sam pada 7 September 1813. Artinya, negara tersebut sudah menyandang julukan tersebut hampir lebih kurang 207 tahun.

Saat Kongres Amerika Serikat yang diadakan pada 1961, negara tersebut baru mengakui Samuel Wilson merupakan pencetus simbol nasional Amerika Serikat.

Uncle Sam sendiri sudah meninggal sejak 1854 saat ia sudah berusia 88 tahun. Uncle Sam dimakamkan di samping pusara istrinya Betsey Mann, di Oakwood Cernetry, Trow, New York. Oleh karena itu, New York mendapatkan julukan sebagai The House of Uncle Sam.

 

 

teman tapi menikah

Soundtrack Film Teman Tapi Menikah yang Romantis Banget

film posesif

Hikmah yang Harus Dipetik Remaja dari Film Posesif